PENYESUAIAN TARIF AIR MINUM TAHAP II, YANG TIDAK DIBERLAKUKAN BAGI PELANGGAN MBR

 


Malang ,radarmerahputih .com -Dalam rangka melaksanakan Amanat dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 71 Tahun 2016 Tentang Perhitungan Dan Penetapan Tarif Air Minum.


Dan Peraturan menteri dalam negeri Nomor 21 Tahun 2020 Tentang Perubahan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 71 Tahun 2016 Tentang Perhitungan Dan Penetapan Tarif Air Minum.


Serta Amanat dalam Surat Keputusan Gubernur Jawa Timur Nomor : 188/775/KPTS/013/2021 tentang Penetapan Tarif Batas Atas Batas bawah Air Minum Bagi Badan Usaha Milik Daerah Air Minum Kabupaten / Kota Se Jawa Timur Tahun 2022.


Perumda Tirta Kanjuruhan akan melaksanakan  PENYESUAIAN TARIF AIR MINUM TAHAP II sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Malang Nomor : 188.45/379/KEP/35.07.013/2021 tentang Tarif Air Minum Perusahaan Umum Daerah Tirta Kanjuruhan.


Yang tidak diberlakukan bagi pelanggan MBR. dalam struktur tarif air minum baru tersebut, tarif dasar air yang pada tahun 2021 ditetapkan sebesar Rp. 2.400,-/m³ disesuaikan menjadi Rp. 2.900,-/m³ atau naik sebesar Rp. 500,-/m³. 


Kelompok pelanggan yang membayar tarif dasar terdiri dari pelanggan Rumah Tangga A.2 s/d Rumah Tangga B, Instansi Pemerintah dan TNI/POLRI.  


Bagi kelompok pelanggan yang membayar tarif rendah, yaitu terdiri dari pelanggan Sosial Umum dan Sosial Khusus, tarif yang semula Rp. 1.950,-/m³ disesuaikan menjadi Rp. 2.450,-/m³, atau naik sebesar Rp. 500/m³. 


Sedangkan tarif air minum bagi pelanggan Niaga dan Industri ditetapkan sesuai tabel terlampir.  Dalam rangka efisiensi pemakaian air, perlindungan air baku dan keadilan.


Struktur tarif air minum tersebut juga mengandung tarif progresiff, serta dilaksanakan secara bertahap dalam 3 tahun, mulai tahun 2021 sampai dengan tahun 2023. Struktur tarif Perumda Tirta Kanjuruhan tergolong “sangat terjangkau” karena untuk 

pelanggan rumah tangga dengan pemakaian 10 m³, hanya perlu membayar harga air ditambah biaya jasa sebesar sebesar (10 m³ x Rp. 2.900,-) + Rp. 12.500,- = Rp. 41.500,- atau sebesar 1,35% dari Upah Minimum Kabupaten Malang.


Sedangkan sesuai dengan ketentuan, batas maksimal sebesar 4% dari UMK atau sebesar Rp. 120.000,-/bulan. dan perlu diketahui bahwa proses penetapan Struktur Tarif Air Minum tersebut telah melalui tahapan konsultasi publik yang dilaksanakan pada hari Selasa, 18 Mei 2021 lalu di Kampus Universitas Merdeka Malang.


Dihadiri oleh Perwakilan Pelanggan, Pengurus Yayasan Lembaga Konsumen Malang (YLKM), serta Team Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Merdeka Malang. 


Dari Konsultasi Publik tersebut didapatkan umpan balik berupa dukungan dari perwakilan pelanggan kepada Perumda Tirta Kanjuruhan untuk melaksanakan penyesuaian tarif agar dapat mempertahankan serta meningkatkan pelayanan kepada pelanggan maupun masyarakat kabupaten malang yang masih belum dapat menikmati layanan air minum.


Di samping itu, perwakilan pelanggan juga menyampaikan apresiasi atas : 1. Kebijakan Tidak ada kenaikan tarif bagi pelanggan MBR  

2. Kebijakan Bantuan subsidi pemakaian air 10 m³ bagi pelanggan MBR yang benar benar tidak mampu, dan 

3. Kebijakan Bantuan Gratis pemakaian air bagi pelanggan tempat ibadah. (tim)

Post a Comment

0 Comments