100 KPM Desa KEDUNGREJO Terima BLT DD*

 



Madiun Radar Merah Putih Com -- Pemerintah Kabupaten Madiun merupakan daerah tercepat dalam penyaluran Dana Desa tahap pertama selama tiga kali berturut-turut. Hal itu tentunya tak lepas dari perencanaan yang matang, diantaranya mulai dari musdus, musdes, hingga musrenbang.


Penyerapan Dana Desa tahun 2022 tahap pertama ini sebesar 40 persen dari total anggaran sekitar 167 Milyar, dengan peruntukan 40 persen untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa, 20 persen untuk ketahanan pangan hewani, 8 persen untuk penanganan COVID-19 dan sisanya untuk kebutuhan yang sudah diprioritaskan oleh desa.


Di Desa Kedungrejo  Kecamatan Balerejo Kabupaten Madiun , Sebanyak 100 KPM (keluarga penerima manfaat) menerima bantuan langsung tunai (BLT). Bertempat di aula desa setempat.


Bersumber dari dana desa tahun anggaran 2022, Pemerintah Desa Kedungrejo mengalokasikan dana sebesar 30 juta untuk disalurkan setiap bulan. Masing-masing keluarga penerima manfaat (KPM) menerima sebesar 300 ribu rupiah. Hal tersebut sesuai acuan dari pemerintah, yakni menganggarkan 40% dana desa untuk program bantuan langsung tunai. 


Dari pantauan awak media di lokasi kegiatan, mayoritas penerima bantuan di Desa Kedungrejo ini dari golongan lansia. Ini merupakan salah satu indikator yang menunjukkan bahwa bantuan dari direalisasikan benar-benar tepat sasaran.


Kepada awak media, SUYADI selaku kepala desa Kedungrejo yang baru mengatakan ,bahwa penyaluran bantuan BLT DD kali langsung doubel ,yaitu bulan april dan mei .


"Saat ini penyaluran BLT tahap ini , total penerimanya ada 100 KPM. Doakan mas covid  di tahun depan nanti betul-betul hilang ,sehingga saya bisa melanjutkan program-program pembangunan yang sesuai visi-misi saya waktu kontentestan pilkades kemarin mas" harap kades baru ini.


Di tahun 2022 ini, ada sedikit perbedaan dalam proses penyaluran. Tahun lalu, penyaluran bantuan yang bersumber dari dana desa tersebut melibatkan pihak bank jatim sebagai penyalur. Sementara untuk tahun anggaran 2022 ini, penyaluran bisa langsung disalurkan langsung oleh pihak pemerintah desa.


Suyadi yang merupakan kepala Desa Kedungrejo periode 2022/2028, yang baru dilantik Februari lalu, dipastikan akan mengawal seluruh program-program yang ada di desanya. Mulai dari program BLT-DD, ketahanan pangan, penanganan Covid hingga pembangunan fisik .(jnd)

Post a Comment

0 Comments