HIPPA. Berkah Tirta Dermosari , Giat Bangun Saluran Irigasi Anggaran dari APBN 2022

 


( Suminto kepala desa ) 

Trenggalek   radar merah putih .com - Anggota Himpunan Petani Pemakai Air (HIPPA) Desa Dermosari , Kecamatan  Tugu Kabupaten Trenggalek  melaksanakan pembangunan jaringan irigasi sepanjang 250  Meter di persawahan yang terletak di area persawahan Dermosari .


Kucuran dana dari program P3TGAI yang dilewatkan melalui Brantas  dan PUPR dan anggaranya dari  APBN tahun 2022 sebesar Rp195 juta yang dianggarkan untuk Desa Dermosari dusun Krajan , memang sengaja dialokasikan untuk membangun sebuah jaringan irigasi, karena hal tersebut sangat penting untuk meningkatkan nilai produksi pangan para petani di desa tersebut.



Pembangunan irigasi tersebut menggunakan pekerjaan pasangan berupa batu kali atau batu gunung, dengan susunan batu raen (batu muka) dengan menggunakan campuran semen pasir yang dibentuk sesuai dengan gambar pelaksanaan.

     ( Lokasi proyek P3TGAI desa Dermosari

Suminto saat ditemui diruanganya beberapa saat lalu “Pembangunan jaringan irigasi sepanjang  250  Meter kanan kiri ini merupakan program kegiatan HIPPA Desa Dermosari  sebagai upaya menjaga ketersediaan pengairan untuk pertanian lahan persawahan warga desa, sekaligus sebagai sarana penunjang dalam mengelola lahan pertanian, untuk dapat meningkatkan hasil produksi pertanian, guna mendukung program ketahanan pangan nasional,” terang Kepala Desa  Dermosari  , Trenggalek  Selasa (2/06/2022).


Ia membeberkan, pengerjaan irigasi itu direncanakan akan selesai dalam waktu satu Minggu ke depan.


“Agar semua fungsi dapat di gunakan dan dinikmati para petani yang ada di desa ini,” tutup orang nomor satu di desa Dermosari  ini 

( Red/ siwi) 

Post a Comment

0 Comments