HIPPA Karya Tani Duren Tugu Trenggalek Giat Laksanakan Proyek Irigasi P3TGAI. Anggaran tahun 2022.

 

      ( Basuki kades Duren Tugu ) 

Trenggalek ,radarmerahputih.com - HIPPA Karya Tani desa Duren Kecamatan Tugu    kabupaten Trenggalek Jawa Timur , saat ini sedang melaksanakan kegiatan pembangunan irigasi dengan tujuan memperlancar arus air . 


Basuki Singowijoyo sebagai kepala desa Duren yang sebelumya menjadi Dalang Wayang kulit dengan julukan Ki Basuki Singowijoyo ini ,saat ditemui di kediamanya membenarkan adanya kegiatan proyek pembangunan irigasi yang diperuntukan kelompok HIPPA  Karya Tani Desa Duren Kecamatan Tugu Kabupaten  Trenggalek .


Kucuran dana dari program P3TGAI yang dilewatkan melalui BBWS Das  Brantas dan PUPR setempat  yang  anggaranya dari  APBN tahun 2022 sebesar Rp195 juta ( seratus sembilan puluh lima juta rupiah ) yang dianggarkan untuk Desa Duren Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek Jawa Timur 

Dengan P3TGAI  tahun anggaran 2022 ini memang sengaja dialokasikan untuk membangun sebuah jaringan irigasi, karena hal tersebut sangat penting untuk meningkatkan nilai produk  pangan para petani di desa tersebut.


Pembangunan irigasi tersebut menggunakan pekerjaan pasangan berupa batu kali atau batu gunung, dengan susunan batu raen (batu muka) dengan menggunakan campuran semen pasir yang dibentuk sesuai dengan gambar pelaksanaan.


“Pembangunan jaringan irigasi sepanjang  255 Meter kanan kiri ini merupakan program kegiatan HIPPA Karya  Tani Desa Duren  sebagai upaya menjaga ketersediaan pengairan untuk pertanian lahan persawahan warga desa, sekaligus sebagai sarana penunjang dalam mengelola lahan pertanian, untuk dapat meningkatkan hasil produksi pertanian, guna mendukung program ketahanan pangan nasional,” terang Basuki Singowijoyo kepala Desa Duren . kecamatan Tugu  Kabupaten  Trenggalek  ini , Senin  (6 /07/2022)

Ia membeberkan, pengerjaan irigasi itu direncanakan akan selesai dalam waktu dekat ini .

“Agar semua fungsi dapat di gunakan dan dinikmati para petani yang ada di desa ini,” tutup  orang nomor satu di  Duren ini .


( Red / sw ) 

Post a Comment

0 Comments