Mbulan Ndhadari Magetan, Menguntai Kata Mengolah Jiwa.

 


Magetan, -radarmerahputih.com -  Pemkab Magetan menggelar sarasehan sastra budaya dan seni "Mbulan Ndhadari" di Pendopo Surya Graha Magetan, Sabtu (18/6/2022) malam.


Mbulan Ndhadari merupakan program Pemkab Magetan dalam melestarikan sastra dan seni setiap tanggal 15 malam bulan purnama.


Kegiatan kali ini mengambil tema, 'Menguntai kata, mengolah jiwa'. Pada acara ini diisi dengan pembacaan puisi oleh para juara 5 besar lomba baca puisi tingkat SMP se-Kabupaten Magetan.


Suprawoto, Bupati Magetan menjelaskan, Mbulan Ndhadari adalah upaya memberi ruang kepada anak-anak, yang seharusnya pada malam tanggal 15, namun kali ini diselenggarakan pada malam Minggu (18/6).Dengan tujuan supaya di malam Minggu tidak mengganggu kegiatan anak-anak di keesokan hari.


"Anak-anak disini akan mendapatkan ruang untuk mengasah naluri sastra mereka, dan memberikan apresiasi bagi siswa yang berprestasi di bidang seni, dengan memberikan ruang untuk tampil di depan khalayak umum".jelasnya.


Suprawoto mengatakan,di kegiatan Mbulan Ndadari berikutnya akan ditampilkan berbagai penampilan seni seperti baca puisi, baca cerpen, geguritan, dan juga akan ada tarian dan lainya yang bisa mengekpresikan kreatifitas anak-anak di bidang seni sehingga akan lebih menarik dengan adanya banyak penampilan seni.


"Apalagi anak-anak biasanya hanya tampil di kelas yang hanya disaksikan oleh teman sekelas dan ini di Pendopo dilihat orang banyak, pasti ada rasa bangga tersendiri.Selain itu bagi pengunjung alun-alun juga bisa mendapatkan hiburan dengan pertunjukan yang disajikan",ucapanya.


Sementara, Ganev Budi Laksono, selaku Ketua panitia Mbulan Ndhadari Mengatakan, Pemkab Magetan hari ini telah melaksanakan Mbulan Ndhadari episode 2, yang digelar setiap bulan.


"Seperti kata bapak Bupati, tujuan kita adalah untuk melestarikan budaya,seni,sastra para generasi penerus bangsa yang ditunjang dengan pendidikan yang baik.selain itu juga untuk memberikan hiburan bagi masyarakat yang berkunjung ke alun-alun Magetan", ujarnya.


"Dan yang menampilkan nanti, anak-anak dari tingkatan SD, SMP dan pemuda," terangnya.


Rencananya, pada Mbulan Ndadari bulan depan akan di tampilkan dari OPD PMD, yang akan menampilkan sejarah tentang Magetan.


"Nanti akan ditampilkan dari OPD bergantian, namun rata-rata leading sektornya Dinas Dikpora dan Arpus," jelasnya. (IK)

Post a Comment

0 Comments