P3TGA Lestari Mulyo Desa Bendoroto Munjungan Trenggalek , Giat Laksanakan Pembangunan Irigasi Anggaran tahun 2022.

 


Trenggalek , radarmerahputih.com - Kelompok HIPPA / P3TGA Lestari  Mulyo  Desa Bendoroto Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek Jawa Timur  yang diketuai Sumino  , saat ini sedang melaksanakan kegiatan pembangunan jaringan irigasi sepanjang 350 Meter yang anggaranya dari APBN tahun 2022 . 


Sumino ketua HIPPA / P3TGA Lestari Mulyo  yang diwakili oleh  Sugito selaku bendahara  menjelaskan ," di tahun ini kami mendapat bantuan dana senilai Rp. 195 juta rupiah ( seratus sembilan puluh lima juta rupiah ) ,difokuskan untuk pembangunan irigasi tersier di area persawahan  di dusun   Pager Gunung  dengan tujuan untuk mempermudah arus air di sungai tersebut ," ujarnya .



Kucuran dana dari program P3TGAI yang dilewatkan melalui BBWS Das  Brantas dan PUPR setempat  yang  anggaranya dari  APBN tahun 2022 sebesar Rp195 juta ( seratus sembilan puluh lima juta rupiah ) yang dianggarkan untuk Desa Bendoroto Kecamatan Munjungan  Kabupaten Trenggalek Jawa Timur  memang sengaja dialokasikan untuk membangun sebuah jaringan irigasi, karena hal tersebut sangat penting untuk meningkatkan nilai produk  pangan para petani di desa tersebut.

Pembangunan irigasi tersebut menggunakan pekerjaan pasangan berupa batu kali atau batu gunung, dengan susunan batu raen (batu muka) dengan menggunakan campuran semen pasir yang dibentuk sesuai dengan gambar pelaksanaan.


“Pembangunan jaringan irigasi sepanjang 350 Meter ( 175 kanan dan 175 kiri ) ini merupakan program kegiatan HIPPA/ P3TGA Lestari Mulyo  Desa Bendoroto  sebagai upaya menjaga ketersediaan pengairan untuk pertanian lahan persawahan warga desa, sekaligus sebagai sarana penunjang dalam mengelola lahan pertanian, untuk dapat meningkatkan hasil produksi pertanian, guna mendukung program ketahanan pangan nasional,” terang Sugito Bendahara P3TGA Lestari Mulyo Desa  Bendoroto Kecamatan Munjungan Kabupaten  Trenggalek ini ,Selasa  (08  / 07/2022)



Untuk kegiatan pembangunan irigasi dari program P3TGAI tahun anggaran 2022 ini di fokuskan di DI Plapar  , dengan kemungkinan bisa mengairi 40 Ha sawah . 


Berharap untuk program tersebut bisa berkelanjutan untuk tahun depan , untuk P3TGAI ini masyarakat Desa Bendoroto sangat respon kususnya masyarakat petani .


( Red / sw ) 


Post a Comment

0 Comments