P3TGA Tirto Makmur Desa Masaran Munjungan Trenggalek , Giat Laksanakan Pembangunan Irigasi dari P3TGAI anggaran tahun 2022

 

        ( Lokasi proyek ) 


Trenggalek ,radarmerahputih.com - Desa Masaran Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek melalui Kelompok HIPPA/ P3TGA  Tirto Makmur  yang di ketuai oleh Bapak Zaini   untuk tahun ini mendapat bantuan dana dari program P3TGAI tahun anggaran 2022.



Supandi selaku kepala desa Masaran saat ditemui diruanganya beberapa waktu lalu menyampaikan ,"  berkaitan dengan program yang ada di desa kami , kami serahkan ke tupoksi mading masing , saya  sebagai penanggungjawab di desa Masaran ini ," ujarnya .


Dengan P3TGAI tahun anggaran ini bisa mengairi sawah seluas 50 Ha , sedangkan produktif sawah bisa panen 3 kali panen .


Dengan panjang 285 Meter ( kanan ,  Kiri ) sedangkan proyek irigasi tersebut ada di dusun Galih desa Masaran  Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek .

       ( Supandi kepala desa Masaran ) 


Lebih jauh Supandi menjelaskan bahwa dengan program tersebut antusias masyarakat desa Masaran sangat bagus , terutama masyarakat petani , dan sudah 2 kali mendapat program P3TGAI yang anggaranya dari APBN .


Kucuran dana dari program P3TGAI yang dilewatkan melalui BBWS Das  Brantas dan PUPR setempat  yang  anggaranya dari  APBN tahun 2022 sebesar Rp195 juta ( seratus sembilan puluh lima juta rupiah ) yang dianggarkan untuk Desa Masaran  Kecamatan Munjungan  Kabupaten Trenggalek Jawa Timur  memang sengaja dialokasikan untuk membangun sebuah jaringan irigasi, karena hal tersebut sangat penting untuk meningkatkan nilai produk  pangan para petani di desa tersebut.




Pembangunan irigasi tersebut menggunakan pekerjaan pasangan berupa batu kali atau batu gunung, dengan susunan batu raen (batu muka) dengan menggunakan campuran semen pasir yang dibentuk sesuai dengan gambar pelaksanaan.


“Pembangunan jaringan irigasi sepanjang 285  Meter ( kanan  kiri ) ini merupakan program kegiatan HIPPA/ P3TGA Tirto Makmur   Desa Masaran  sebagai upaya menjaga ketersediaan pengairan untuk pertanian lahan persawahan warga desa, sekaligus sebagai sarana penunjang dalam mengelola lahan pertanian, untuk dapat meningkatkan hasil produksi pertanian, guna mendukung program ketahanan pangan nasional,” terang Supandi  P3TGA Tirto Makmur  Desa  Masaran  Kecamatan Munjungan Kabupaten  Trenggalek ini ,Selasa  (08  / 07/2022)


Berharap dengan program P3TGAI untuk tahun depan bisa mendapatkan lagi , karena selain dikerjakan secara swakelola juga pemberdayaan masyarakat . 

Dan berharap dengan proyek irigasi tersebut bisa memperlancar perairan disawah . 

Kami memaksimalkan proyek ini , dan kami lebih mengutamakan kualitas . 

( Red / sw ) 

Post a Comment

0 Comments