P3TGA Tirto Mas Desa Munjungan Trenggalek ,Giat Pembangunan Irigasi Anggaran Tahun 2022.

 

 


Trenggalek ,radarmerahputih.com - HIPPA / P3TGA Tirto Mas  Desa Munjungan Kecamatan Munjungan kabupaten Trenggalek Jawa timur , saat ini sedang melaksanakan kegiatan pembangunan irigasi tersier dari program P3TGAI yang anggaranya dari APBN tahun 2022.


Kelompok HIPPA/ P3TGA Tirto Mas   tersebut Menurut Agus Setiawan sebagai kepala desa Munjungan saat ditemui di ruangannya membenarkan adanya kegiatan proyek pembangunan irigasi yang diperuntukan kelompok HIPPA / P3TGA Tirto Mas  Desa  Munjungan  Kecamatan Munjungan  Kabupaten  Trenggalek .

       ( Proyek tersier irigasi P3TGA Tirto Mas

Kucuran dana dari program P3TGAI yang dilewatkan melalui BBWS Das  Brantas dan PUPR setempat  yang  anggaranya dari  APBN tahun 2022 sebesar Rp195 juta ( seratus sembilan puluh lima juta rupiah ) yang dianggarkan untuk Desa Munjungan Kecamatan Munjungan  Kabupaten Trenggalek Jawa Timur memang sengaja dialokasikan untuk membangun sebuah jaringan irigasi, karena hal tersebut sangat penting untuk meningkatkan nilai produk  pangan para petani di desa tersebut.


                ( Lokasi Proyek ) 

Pembangunan irigasi tersebut menggunakan pekerjaan pasangan berupa batu kali atau batu gunung, dengan susunan batu raen (batu muka) dengan menggunakan campuran semen pasir yang dibentuk sesuai dengan gambar pelaksanaan.


“Pembangunan jaringan irigasi sepanjang 522 Meter ( 261kanan dan 261 kiri ) ini merupakan program kegiatan HIPPA/ P3TGA  Desa Munjungan  sebagai upaya menjaga ketersediaan pengairan untuk pertanian lahan persawahan warga desa, sekaligus sebagai sarana penunjang dalam mengelola lahan pertanian, untuk dapat meningkatkan hasil produksi pertanian, guna mendukung program ketahanan pangan nasional,” terang Agus  Setiawan  kepala Desa Munjungan Kecamatan Munjungan Kabupaten  Trenggalek ini ,Selasa  (08  / 07/2022)


( Agus Setiawan kepala desa Munjungan

Suryono selaku ketua HIPPA / P3 TGA Tirto Mas Desa Munjungan Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek  Jawa Timur , Ia membeberkan, pengerjaan irigasi itu direncanakan akan selesai dalam waktu satu Minggu ke depan.


( Suryono ketua P3TGA Tirto Mas ) 

“Agar semua fungsi dapat di gunakan dan dinikmati para petani yang ada di desa ini,” jelas ketua P3 TGA Tirto Mas  di  Munjungan ini .


Lebih lanjut dirinya menjelaskan ," untuk pelaksanaan kegiatan pembangunan irigasi di kelompok P3TGA Tirto Mas saat ini ada  DI ( Dam Irigasi )  Pucung ,"ujarnya


Ia menuturkan dengan program tersebut antusias masyarakat sangat baik dan respon , selain pekerjaan secara swakelola dan padat karya tunai , juga pemberdayaan masyarakat .


Semoga dengan P3TGAI yang anggaranya dari APBN tahun 2022 ini bisa bermanfaat bagi masyarakat Munjungan , selain itu juga sudah selama 4 tahun berturut turut . 


Untuk HIPPA / P3TGA Tirto Mas Desa Munjungan Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek ini bisa menjadi contoh untuk kelompok yang lainya . 


( Red ,/ sw )  



Post a Comment

0 Comments