P3TGA Tirto Utomo Desa NgulungKulon Munjungan Trenggalek , Giat Laksanakan Proyek Irigasi dari Program PPPTGAI Tahun Anggaran 2022.

 

   ( Supriyono kades  NgulungKulon didampingi sekdes ) 


Trenggalek ,radarmerahputih .com - Sebagai Desa yang paling pinggir setelah NgulungWetan , Desa NgulungKulon Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek Jawa Timur  merupakan salah satu desa yang mendapatkan bantuan dana dari program PPPTGAI yang anggaranya dari APBN tahun anggaran 2022.



Desa NgulungKulon melalui kelompok HIPPA/ P3TGA Tirto Utomo  yang diketuai oleh Sukono  saat ini sedang melakukan kegiatan pembangunan proyek irigasi yang diambil dari DI ( Dam Irigasi ) Krokoh Salam Watu , dengan tujuan untuk memperlancar perairan yang ada di area persawahan  yang ada di dusun Weru Desa NgulungKulon tersebut .



Supriyono selaku kepala desa NgulungKulon  saat dikonfirmasi oleh media ini menyampaikan , "  Di Desa Wulung Kulon ini memang benar mendapatkan bantuan dana  dari  APBN yang anggaranya tahun 2022 ,dan itu sudah kami alokasikan sesuai tupoksi masing masing , karena mengingat tugas kami sudah ada tupoksi nya sendiri sendiri .


Kucuran dana dari program P3TGAI yang dilewatkan melalui BBWS Das  Brantas dan PUPR setempat  yang  anggaranya dari  APBN tahun 2022 sebesar Rp195 juta ( seratus sembilan puluh lima juta rupiah ) yang dianggarkan untuk Desa NgulungKulon   Kecamatan Munjungan  Kabupaten Trenggalek Jawa Timur memang sengaja dialokasikan untuk membangun sebuah jaringan irigasi, karena hal tersebut sangat penting untuk meningkatkan nilai produk  pangan para petani di desa tersebut.



Pembangunan irigasi tersebut menggunakan pekerjaan pasangan berupa batu kali atau batu gunung, dengan susunan batu raen (batu muka) dengan menggunakan campuran semen pasir yang dibentuk sesuai dengan gambar pelaksanaan.


Saat ditemui diruanganya beberapa saat lalu Supriyono kepada media ini  menyampaikan “Pembangunan jaringan irigasi sepanjang 257 Meter ( kanan  kiri ) ini merupakan program kegiatan HIPPA/ P3TGA Tirto  Utomo  Desa NgulungKulon  sebagai upaya menjaga ketersediaan pengairan untuk pertanian lahan persawahan warga desa, sekaligus sebagai sarana penunjang dalam mengelola lahan pertanian, untuk dapat meningkatkan hasil produksi pertanian, guna mendukung program ketahanan pangan nasional,” terang Supriyono Kepala Desa  Desa  NgulungKulon  Kecamatan Munjungan Kabupaten  Trenggalek ini ,Selasa  (08  / 07/2022)



Supriyono berharap dengan program P3TGAI untuk tahun depan bisa mendapatkan lagi , karena selain dikerjakan secara swakelola juga pemberdayaan masyarakat . 


Dan berharap dengan proyek irigasi tersebut bisa memperlancar perairan di sawah , dan bisa mengairi sawah seluas 16 HA .



Berharap dengan program PPPTGAI ini bisa menjadi sarana kemajuan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat kususnya masyarakat petani .


Dengan Program ini semoga bisa bermanfaat bagi masyarakat petani di Desa Wulung Kulon ini , semoga bisa mendapatkan lagi tahun depan , mengingat bika musim kemarau kami menggunakan sumur bor atau diesel . 

Dan program ini kami lakukan secara swakelola dengan  harapan pemberdayaan masyarakat . Dan lebih mengutamakan kwalitas bangunannya.


( Red / sw ) 


Post a Comment

0 Comments