-->

Nasdem

Nasdem

Author Details

HARI KEDUA GREBEG SURO MAYU BUMI GIRI TIRTA

Friday, July 29, 2022, July 29, 2022 WIB Last Updated 2022-07-30T06:41:26Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 


Kabupaten Malang, radarmerahputih com - Pada hari kedua grebeg suro mayu bumi giri tirta kerjama kolaborasi antara Cangkrukan Ngaji Budaya (CNB) Malang Raya dengan GANUSA, HPK, Sanggar Kendedes  dan didukung oleh Ansor, Banser, Pemuda Pancasila serta stage holder di desa GadungSari acara yang diselenggarakan di desa GadungSari kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang. Acara yang dihelat selama 3 hari berturut -turut dari tanggal 29 sampai tanggal 31 Agustus 2022, dihari kedua mulai banyak antusias warga yang hadir. Malang 30/07/2022


Acara kegiatan pada hari kedua ini diawali dengan perkenalan kebudayaan kepada anak-anak usia dini, pagelaran tari dan kebudayaan disuguhkan oleh panitia dengan menampilkan anak-anak-anak Paud /TK/RA, SD/MI se-Kecamatan Tirtoyudo  tari asli kebudayaan Indonesia. Acara kegiatan hari kedua ini juga dihadiri oleh anggota DPRD Provinsi Jatim 2019-2024 yaitu Dwi Hari Cahyono dari kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS), pria yang biasa disapa Sam Dwi ini mengutarakan dalam sambutannya “ Saya sangat bangga dapat menghadiri acara Kesenian dan kebudayaan yang diselenggarakan di Padepokan Kendedes asuhan dari bunda Wiwik ini, apresiasi yang tinggi kami berikan atas terselenggaranya acara cangkrukan ngaji budaya yang dikemas dalam Grebeg Suro dengan tema Mayu Bumi Giri Tirta ini. Apalagi kegiatan uri-uri budaya ini diperkenalkan pada anak-anak usia dini.



Anak-anak kita agar bisa mengenal budaya asli Indonesia mulai dini, agar kelak anak-anak inilah penerus dan yang mewarisi kebudayaan asli Indonesia khususnya kebudayaan yang ada di Malang ini. Jangan sampai kebudayaan kita yang begitu indah, apik dan memiliki nilai sejarah histori yang luar biasa diakui oleh negara lain, mereka (anak-anak) ini yang akan menjaga kelak. 


Saya juga mengapresiasi adanya memadukan pagelaran kebudayaan dan seni melalu grebeg suro ini dengan kegiatan basar UMKM dimana adanya basar UMKM dalam pengenalan produk dapat menggangkat perekonomian masyarakat setempat khususnya dan masyarakat Malang Raya.” Tandas Sam Dwi dalam sambutannya. 


Sam Dwi dari fraksi PKS ini juga keliling di gerai-gerai UMKM untuk membeli produk dan memberikan suport kepada para peserta basar


Dalam pantauan awak media dilokasi pengunjung yang menghadiri mulai pagi sampai siang kian banyak dan warga sangat antusias untuk menonton ataupun hanya sekedar melihat dan belanja disentra basar UMKM. 

UMKM yang mengikuti Basar mulai dari Makanan dan Minuman, ada juga yang menjual pernak pernik, tas, baju seni lukis tanpa tinta bahkan ada yang menjual tanaman hias.



Yang menarik dan berbeda diacara ini adalah UMKM seni lukis kaos tanpa tinta yang dimiliki pemuda kreatif asal kecamatan Bantur yaitu Arik Dwi Asmara dalam wadah kreatif nya yaitu UTBEX INDONESIA. UTBEX INDONESIA (Arik) juga membuka gerai membantu untuk para peserta basar untuk mendaftarkan ijin usahanya secara online dan gratis 


Dan menarik perhatian juga gerai UMKM yang menjual tanaman hias milik Budi Utomo di gerai Dolphin Garden dan juga satu keluarga dengan pemilik keripik singkong cap lumba-lumba milik Mbak Marisa. 


Pada hari ini akan ada pagelaran juga dari Group musik Panji Laras Swara Malang  yang di manager oleh mbak Itis wanita muda yang energik untuk mempromosikan kesenian musik Etnik Nusantara dan world music.

( Ihwn ) 

Komentar

Tampilkan

Terkini