MPLS SMA Negeri se Kabupaten Nganjuk Lebih Menekan Kepada Disiplin Siswa

 


Nganjuk ,radramerahputih.com - Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau MPLS adalah kegiatan awal sekolah sebagai pengganti Masa Orientasi Sekolah (MOS).


MPLS dilaksanakan untuk semua siswa baru tingkat SMP dan SMA. Kegiatan tersebut merupakan pengganti MOS khususnya kegiatan MPLS SMA tidak lagi menggunakan metode “gojlokan” yang tidak ada fungsinya bagi siswa baru itu sendiri.


Seperti yang dilakukan di SMA Negeri di Kabupaten Nganjuk Jawa Timur ini , Tema dari kegiatan MPLS bagi siswa SMA lebih menekankan pada pembentukan karakter dan pengenalan lingkungan sekolah beserta tata tertib, peraturan, budaya, sistem dan sebagainya. MPLS diadakan berdasarkan pada peraturan yang tertuang pada Permendikbud nomor 82/ 2015. 


Seperti yang disampaikan Ashob  kepala SMAN 1 Nganjuk yang juga menjabat sebagai ketua MKKS SMA Negeri Kabupaten Nganjuk , " Di dalam MPLS dilarang penggunaan beberapa atribut tertentu yang biasa dipakai pada MOS dulu. Contoh atribut tersebut seperti beragam aksesoris tidak berguna misalnya kalung dengan tulisan nama memakai kardus, kaos kaki yang warnanya berbeda kanan kiri dan sebagainya." Kata Ashob kepada media ini . 


Lebih lanjut , " Penekanan pada semua siswa baru untuk mengikuti peraturan sekolah seperti cara berpakaian seragam yang rapi, kedisiplinan di lingkungan sekolah dan kehidupan ber asrama bagi sekolah boarding school, sikap sopan pada teman, kakak kelas dan guru serta tata tertib sekolah lainnya." Lanjutnya.


Ashob juga menjelaskan "  pengenalan kepada lingkungan sekolah meliputi fasilitas yang ada, sarana prasarana, pengenalan kepada seluruh jajaran guru dan karyawan sekolah serta lainnya.

Kegiatan sosial bersama dengan berkunjung ke panti asuhan, panti jompo, kerja bakti di kampung sekitar, pembagian sembako bagi penduduk di sekitar sekolah dan sebagainya." Ujarnya. 


Kegiatan pelestarian alam dengan penanaman pohon di lingkungan sekolah dan sekitarnya, pemberian bibit pohon dan bunga pada penduduk pemukiman sekitar agar udara kembali sejuk karena banyaknya tumbuhan.

Materi kegiatan MPLS SMA berupa penanaman sikap disiplin pada siswa baru dengan memberikan reward serta punishment. Kegiatan ini bisa berupa pengenalan tentang bagaimana cara menjaga kebersihan lingkungan sekolah, menjaga dan membawa nama baik dari sekolah, kerukunan antar siswa dan sebagainya.


( Red /sw ) .

Post a Comment

0 Comments