-->

Nasdem

Nasdem

Author Details

BANTUR VILLAGE FESTIVAL TELAH BUKA

Saturday, August 6, 2022, August 06, 2022 WIB Last Updated 2022-08-06T23:48:54Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 



Kabupaten Malang,radarmerahputih com -  Acara Bantur Village Festival (BVF) telah dibuka di desa Bantur Kecamatan Bantur kabupaten Malang pada hari Sabtu 6/8/2022. Kegiatan uri-uri badaya yang rencana dihelat selama 2 hari ini dibuka untuk umum secara meriah dan Mega, Diawal pembukaan Karang Taruna (Kartar) Banturono mengajak warga dan pendatang untuk mengikuti acara senam pagi yang memiliki tujuan diawal senam pagi maka dengan kebugaran jiwa dan raga menjadi sebuah semangat baru untuk masyarakat menjalani kehidupan yang sehat, senam dimulai pada pagi hari jam 07.30 wib sampai selesai.


Lalu dilanjutkan dengan rangkaian uri-uri budaya beda kerawang desa dengan kirab budaya menuju makam dari Mbah Kyai Radiman yang merupakan anak buah dari Pangeran Diponegoro dimana Almarhum Mbah Kyai Radiman sosok pembuka cikal bakal desa Bantur.

Yang mengikuti Urutan kirab budaya di mulai dari Warok Banturono lalu rombongan Ganongan dan Reog Ponorogo. 

Kemudian di sambung rombongan pengawal dan prajurit membawa 10 joleng tumpeng dan hasil bumi masyarakat desa Bantur berupa Gunungan yang diperebutkan oleh masyarakat. Iring-iringan kirab budaya ini diikuti juga oleh Muspika Bantur, kepala Desa Bantur dan jajaranya serta warga masyarakat desa Bantur.



Kepala desa Bantur Kecamatan Bantur kabupaten Malang Bpk. Suwoko mengutarakan “merasa bangga dan terharu kepada anak-anak muda yang tergabung dalam Kartar Banturono menjaga kekompakkannya dalam mengadakan acara BVF untuk uri-uri budaya dihidupkan kembali dengan harapan agar anak-anak kita semua untuk mengetahui kebudayaan asli Bantur yang mungkin juga banyak tidak tau kebudaya asli desa Bantur.”


Moch. A'an Subhan ketua Kartar Banturono “ Dengan adanya kegiatan Kirab Budaya ini, Kami selaku Panitia dan Pengurus Karang Taruna Banturono mengajak seluruh elemen masyarakat khususnya para generasi muda untuk selalu menjaga dan melestarikan kebudayaan yang ada, serta memahami sejarah dari leluhur bedah kerawang desa bantur yakni Mbah Kyai Radiman”.


Pada pembukaan hari ini Dandim 0818 kabupaten Malang -Batu Letkol Inf Taufik Hidayat juga hadir, “ Saya sangat bangga sekali kegiatan semacam ini dilakukan oleh masyarakat karena kebudayaan harus tetap dilestarikan dan dijaga apalagi ini dilakukan dan diprakarsai oleh pemuda Kartar Banturono untuk merperkenalkan desanya secara utuh, apalagi almarhum Mbah kyai Radiman merupakan salah satu anak buah Pangeran Diponegoro merupakan pahlawan bangsa ini, saya sangat mengapresiasi sekali”, tandas beliau kepada awak media


Dalam kesempatan kali ini ketua Mpc Pemuda Pancasila Kabupaten Malang Priyo Sudibyo atau yang akrab disapa Sam Bogang juga menyempatkan hadir ditengah-tengah masyarakat untuk melihat secara langsung kegiatan dari Kartar Banturono, beliau juga sangat mengapresiasi dari Uri-uri budaya ini dan Sam Bogang berharap agar kegiatan ini dibuat Agenda tahunan dan juga menjadi bagian dari kegiatan Kabupaten Malang disetiap tahun, perjelas Sam Bogang.


Pada malam hari diadakan pagelaran musik angklung dari group music  Angklung Senopati dari Singosari Malang dan kolaborasi dengan musik kekinian serta DJ Flo. 


Kapolsek Bantur AKP Slamet Subagyo selaku penanggung jawab keamanan di wilayah Bantur memberikan himbauan agar selalu menjaga keamanan, ketertiban dan kondusifitas untuk para pengunjung BVF dan selalu menjaga kesehatan.

Hal serupa juga di ungkapkan oleh Danramil 0818/12 Bantur Kapten Inf Mujiono.

Serta Camat Bantur Sri Ningtyas, Ssos. Juga mengutarakan senada. Dan Seluruh Jajaran Muspika Bantur juga menghimbau serta menyediakan gerai vaksin covid-19 di tempat diadakannya BVF agar warga masyarakat serta penggunjung BVF yang belum vaksin untuk menjalankan vaksin. 


Untuk seluruh rangkaian acara untuk keamanan dan pengamanan selama BVF berlangsung dari Jajaran Muspika, Jajaran Pemerintah desa Bantur, Satgas Pemuda Pancasila, Satgas Banser, anggota Kartar Banturono, Linmas, dan warga masyarakat

( Ihwn ) 

Komentar

Tampilkan

Terkini