-->

Nasdem

Nasdem

Author Details

Bersih Desa dengan Kirab Tumpeng Dawuhan, desa Getas Anyar Sambut Bulan Suro.

Wednesday, August 10, 2022, August 10, 2022 WIB Last Updated 2022-08-10T12:15:28Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 



Magetan, radarmerahputih.com - Hampir di semua desa yang berada di Kabupaten Magetan mengadakan acara bersih desa, untuk menyambut hadirnya bulan Muharram yang biasa disebut juga dengan bulan suro. Seperti halnya di desa Getas Anyar, kecamatan Sidorejo, kabupaten Magetan yang mengadakan acara bersih desa yang cukup menarik. Rabu (10/08/2022).


Kirab Tumpeng Dawuhan, adalah tradisi di desa Getas Anyar dalam menyambut bulan suro. Masyarakat setempat membuat tumpeng Raksasa (besar) yang berisi dari hasil bumi. Kemudian tumpeng tersebut diarak masyarakat menuju sumber mata air yang ada di desa Getas Anyar dengan diiringi kesenian Reog.



Kirab Tumpeng ini dimulai dari Kantor desa Getas Anyar jalan menuju sumber mata air yang ada di desa setempat. Sesampainya di sumber mata air warga mengadakan tradisi slamatan dan kemudian dilanjutkan dengan berebut isi tumpeng.


Hariyadi kepala desa (kades) Getas Anyar mengatakan, tradisi bersih desa ini merupakan budaya tradisional yang diwariskan oleh para leluhur, oleh sebab itu perlu dilestarikan oleh masyarakat utamanya para kaum muda.


"Tradisi bersih desa merupakan budaya warisan leluhur yang patut kita lestarikan dan kita uri-uri atau jaga agar tetap terjaga keberadaannya. Untuk itulah kenapa hari ini kita mengadakan acara bersih desa dengan kirab Tumpeng Dawuhan ini. Selain dalam rangka melestarikan budaya, juga merupakan wujud rasa syukur ke hadirat Tuhan YME atas melimpahnya berkah bagi masyarakat desa Getas Anyar dan melimpahnya sumber air sebagai salah satu kebutuhan primer masyarakat. Dan juga agar masyarakat desa Getas Anyar juga selalu dilimpahi rejeki," ungkapnya.


Selain selamatan juga digelar tarian dan juga tampil kesenian  Reog yang dapat memberikan hiburan bagi masyarakat desa setempat. Masyarakat sangat antusias mengikuti acara bersih desa ini dan diharapkan di tahun depan bisa dilaksanakan dengan lebih meriah.



Di akhir acara Hariyadi menyampaikan terima kasih untuk warga desa Getas Anyar yang sangat antusias mengadakan acara bersih desa ini, sehingga acara bisa berjalan dengan lancar.


"Keberhasilan acara bersih desa ini tidak terlepas dari adanya kerjasama yang baik antar pemerintah desa Getas Anyar dan warga masyarakat. Semoga warga masyarakat diberikan rejeki yang melimpah dan juga sumber mata air ini tetap terjaga keberadaannya," pungkasnya.(IK)

Komentar

Tampilkan

Terkini