-->

Nasdem

Nasdem

Author Details

Festival Budaya Dawuhan Senopati di Sumber Mudal Desa Pacalan.

Sunday, August 28, 2022, August 28, 2022 WIB Last Updated 2022-08-29T04:40:04Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 



Magetan, radarmerahputih.com - PemDes Pacalan, Kecamatan Plaosan, Magetan, mengadakan Festival Dawuhan Senopati di Sumber Mudal yang dihadiri Joko Triono Kepala Dinas Pariwisata & Kebudayaan, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan, Kepala PDAM Lawu Tirto, Camat Plaosan Yudo Wahono, Kapolsek, Danramil, Tokoh Agama, BPD, LPM dan tokoh masyarakat. Minggu (28/8/2022).


Yudo Wahono Camat Plaosan menyampaikan bahwa Bupati tidak bisa hadir pada acara Festival Dawuan ini, tapi beliau memberikan Apresiasi terkait kegiatan Pemerintah Desa (PemDes) yang penuh Inovasi dan kreativitas yang telah mengajukan Desa Pacalan sebagai desa Wisata dan alhamdulillah pendamping Wisata dari Dinas Pariwisata. Apalagi pada hari ini seluruh PemDes dan masyarakat telah kompak mengadakan Festival Budaya Dawuhan Senopati di Sumber Mudal.


“Wisata Pacalan kedepannya bisa menjadi penyangga wisata-wisata diatasnya, apalagi tidak semua Desa ada Sumber airnya yang melimpah yang dari orang-orang tua sebelumnya sekitar 100 tahun yang lampau.

Sumber Mudal merupakan sumber air yang keluar dari dalam tanah yang berlimpah-limpah sehingga akhirnya di beri nama Sumber Mudal sebagai sumber irigasi dan sebagainya selain untuk masyarakat desa Pacalan dan 8 desa yang di Magetan”, ungkap Yuda Wahono.



Usai sambutan Camat Plaosan, pembukaan ditandai dengan pemukulan Gong oleh Camat dan Siraman air ke Tumpeng Hasil dari pertanian oleh Kepala Desa Pacalan, Agus Suharto, S.T M.T.


Keterangan singkat yang disampaikan oleh Agus Suharto, S.T M.T sebagai Kepala Desa Pacalan, Sumber Mudal adalah Anugrah kepada masyarakat Pacalan khususnya karena airnya yang keluar dari sumber mata air tersebut merupakan terbesar di Magetan. Dimana selain untuk pertanian setempat, sumber air ini bisa mengairi lahan pertanian desa Sambirobyong, Kalang, Campursari dan sebagainya termasuk yang di kelola oleh PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) Magetan yang mensuplai kebutuhan air minum di 17 desa dan termasuk Lanud Iswahyudi, pungkasnya.(ik)

Komentar

Tampilkan

Terkini