-->

Nasdem

Nasdem

Author Details

Festival Nelayan Sambut 1 Muharam, Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji, S.S : Ini Bukti Kearifan Lokal yang Terjaga

Tuesday, August 2, 2022, August 02, 2022 WIB Last Updated 2022-08-03T04:42:53Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 



Pacitan Radar Merah Putih. Com - Dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam Muharram 1444 H/2022 M (1 Sura), Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Pantai Teleng Pacitan, Jum'at (29/07/2022) menggelar acara Festival Nelayan. Rangkaian acara dimulai dengan menggelar tasyakuran sedekah laut dikompleks UPT Pelabuhan Perikanan Pantai Tamperan Pacitan, Hadir pada Festival Nelayan tersebut Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji, S.S., dan unsur Forkopimda, tokoh masyarakat serta para pengunjung yang ingin menyaksikan gelaran tahunan tersebut. 


TASYAKURAN sedekah laut dalam rangka festival nelayan tersebut dimulai dengan sholawat dan mahalul qiyam, tausyiah oleh Ketua MUI Kabupaten Pacitan Drs. K.H. Abdullah Sajad, M.Si serta doa bersama. Puncak acara ada kirab tumpeng (buceng) dengan 3 buceng utama yakni Buceng Bebrayan, Buceng Suci serta Buceng Gedhe.  "Apapun budayanya jika tidak bertentangan dengan aturan dan ajaran agama patut dilestarikan dan ini adalah wujud rasa syukur nelayan atas rejeki yang diberikan Tuhan melalui hasil laut," ungkap Imam Haryono, sesepuh nelayan Teleng.  


TASYAKURAN sedekah laut dilanjutkan dengan hiburan rakyat dengan menggelar wayang kulit semalam suntuk. Tasyakuran nelayan setiap menjelang pergantian tahun hijriyah menurut Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji, S.S., merupakan bukti masih terpeliharanya kearifan lokal dimasyarakat. Sekaligus, menjadi momen untuk senantiasa bersyukur serta menjaga kelestarian laut.  "Dengan sering bersyukur semoga rejekinya semakin bertambah dan ini bukti  kearifan lokal yang masih terjaga," ungkap Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji, S.S., sebagaimana diinformasikan oleh Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Kabupaten Pacitan.(sus)

Komentar

Tampilkan

Terkini