-->

Nasdem

Nasdem

Author Details

Inovasi pusling dikemas cantik di puskesmas Wonokerto.

Friday, August 26, 2022, August 26, 2022 WIB Last Updated 2022-08-26T21:54:02Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 



Malang ,radarmerahputih.com - Ir.H.Kholiq ; saya selalu mendukung untuk kesehatan dan tidak pernah menolak


Terkait dengan puskesmas yang baru berdiri di kabupaten Malang, sebut saja puskesmas Wonokerto yang berdiri di wilayah kecamatan Bantur atau biasa disebut puskesmas Wonokerto mengacu pada nama Desa sebagai tempat bangunan puskesmas berdiri.

Saat awak media bertandang ke kantor nya untuk menemui kapus (kepala puskesmas wonokerto) drg.putri lestari  diruang kerjanya (25/8/2022) menjelaskan ".


"Untuk Capaian bian (bulan imunisasi anak nasional) diwilayah kerja sini sebesar 79,9% dan perlu diketahui jika puskesmas Wonokerto membawahi 5 Desa, yakni ; desa Wonokerto, desa rejoyoso, desa Rejosari, desa karang sari, dan yang kelima adalah desa pringgodani ".


Lebih jauh," untuk jumlah penduduk di lima desa wilayah kerja Puskesmas Wonokerto ada sekitar 37 000 jiwa, dan kalau melihat jumlah kunjungan pasien harian disini mulai kisaran dari 100 -150 itu terjadi dihari Senin hingga Kamis dan untuk 150-160 adalah mereka pasien rawat jalan".


" Untuk infrastruktur ruang rawat inap sendiri, kami punya 4 bed dewasa dan 1 bed untuk anak, dari 10 ruang dan yang aktif 4 ruang. Sisanya masih menunggu dari dinas kesehatan dan informasi nya masih proses".


" Untuk pengelolaan limbah B3 di puskesmas Wonokerto masih proses, dan lainnya Ipal ada. Total karyawan 50 orang yang terdiri dari nakes ada 4 Dokter, dokter Gigi dua dan dokter umum dua. Dan Kemarin dari kontrak p3k saya dapat tambahan nakes 2 , yakni bidan dan perawat ".


"Sedangkan puskesmas wonokerto menempati lahan seluas 4176 M2, dan ruang management ada lima dan sisanya menjadi ruang pelayanan yang terbagi ruang rawat inap dan ruang rawat jalan. Untuk luas bangunan sekitar 1030 m2 ".


Lebih jauh, kami juga ada program inovasi pengembangan pusling setiap bulan, kami yang berjumlah lima orang turun ke desa-desa sambil mencatat rm mereka dan dalam program puskesmas menyapa ini yang artinya (mendekatkan pelayanan terpadu ). untuk jadwalnya sendiri setiap bulan ada satu Desa yang kita datangi, biasanya tempat yang kita pakai untuk kegiatan tersebut terlebih dahulu sudah kita koordinasikan sama pak kades dan selama ini adalah rumah kades ".


"Kalau melihat rata-rata usia yang datang ke tempat puskesmas menyapa itu memang sebagian besar adalah lansia, sebetulnya target nya semua umur, tapi karena yang banyak lansia, ya itu tetap kita layani, mereka kesulitan datang ke puskesmas karena tidak ada yang anter. Dan Program ini jadi andalan untuk jalan keluar ".


"Dengan adanya puskesmas menyapa ini, Saya berharap bisa meningkatkan pelayanan lebih dekat kepada masyarakat, bisa lebih mudah menjangkau masyarakat daerah perbatasan, meningkatkan angka cakupan capaian semua program tentunya". Pungkas kapus Wonokerto drg.putri lestari



"Adapun Anggota Tim tersebut ada beberapa nakes mulai dokter Gigi,  dokter umum, perawat, bidan serta apoteker. dan Desa Wonokerto jadwal  tanggal 13, Desa Rejosari tanggal 10, Desa rejoyoso tanggal 11, pringgodani tanggal 22, karang sari tanggal 29.

Mengenai waktu dan tempat tersebut disesuaikan setelah kordinasi dengan pihak desa". Imbuh drg.kemala Nasution selaku penanggung jawab puskesmas menyapa.


Lain lagi dari wakil rakyat yang juga ketua PKB serta pimpinan fraksi PKB DPRD kabupaten Malang Ir.H.Kholiq (25/8/2022) " saya di dewan itu tidak pernah menghalangi kalau sudah ngomong untuk kepentingan masyarakat dan hajat orang banyak ya seperti masalah kesehatan ,mulai dari puskesmas hingga atas DPRD ya selalu oke oke saja , karena kesehatan kan nomor satu disamping anggaran nya juga besar ,kalau untuk kepentingan umum, saya ngikuti dari belakang selalu mendukung dan tidak pernah menolak ". Tegas Ir.H.Kholiq pada awak media.(Tim)

 

Komentar

Tampilkan

Terkini