-->

Nasdem

Nasdem

Author Details

KARANG TARUNA BATURONO AKAN GELAR BANTUR VILLAGE FESTIVAL

Wednesday, August 3, 2022, August 03, 2022 WIB Last Updated 2022-08-03T11:54:51Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 


Kabupaten Malang, radarmerahputih.com - Karang Taruna BATURONO akan gelar Bantur Village Festival (BVF) pada hari Sabtu dan Minggu 6-7 Agustus 2022. Bantur merupakan salah satu kecamatan di wilayah Kabupaten Malang yang berada di selatan malang, dan kecamatan Bantur memilik 10 desa salah satunya yaitu Desa Bantur. 

Kecamatan Bantur sendiri memiliki dan dikenal wisata nya akan wisata Bahari yaitu Pantai Balekambang yang apik dan elok dipandang mata. Tidak hanya wisata bahari yang ada di Bantur namun di Bantur sendiri banyak kebudayaan asli daerah tersebut yang perlu dilestarikan. Maka dari itu pemuda-pemudi Bantur ingin menggali budaya di desanya kembali supaya dapat dikenal kembali oleh anak-anak dari usia dini sampai dewasa, salah satu Karang Taruna (Kartar) yang menggali kebudayaan yaitu Kartar Baturono mencoba menggali dengan uri-uri budaya didesanya dengan menggelar acara BANTUR VILLAGE FESTIVAL (BVF). 


Sebelumnya acara uri-uri budaya selalu dilakukan setiap tahunnya karena dibeberapa tahun kemarin vakum karena masa pademi kini pademi itu mulai landai maka Kartar Baturono  menghidupkan kembali, namun kali ini acara Uri-uri budaya dihelat dengan cara yang berbeda dan lebih mewah. Dengan mengambil tema “  Cultural Diversity “ yang memiliki arti keragaman budaya maksud dan tujuannya adalah melestarikan kebudayaan secara menyeluruh agar generasi penerus desa Bantur lebih mengenal historis desanya secara utuh agar kebudayaan asli desa Bantur ini tidak punah. 


Adapun acara yang dihelat mulai dari senam, kirab budaya, festival budaya, festival musik, Barikan/selamatan desa disertai Ngaji Budaya dan santunan anak yatim dan banyak lagi. 

Rif’an Zawawi selaku panitia berkomentar “Dengan dihelatnya acara ini kami selaku  panitia mengharapkan adanya kesadaran pemuda atas kebudayaan dilingkungan masing-masing khususnya bagi kami pemuda desa. Kami berharap  acara ini menjadi acara wisata tahunan khususnya Desa Bantur dan mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah Kabupaten melalui Dinas Pariwisata”. Tandasnya



Acara ini atas kerjasama pemuda-pemudi desa Bantur melalui Karang Taruna Baturono,  pemerintah desa Bantur, Muspika kecamatan Bantur, KNPI, Pemuda Pancasila, Millenial Utas, Cangkrukan Ngaji Budaya.

( Ihwn ) 

Komentar

Tampilkan

Terkini