-->

Nasdem

Nasdem

Author Details

Management puskesmas Pakisaji perlu sosialisasi lebih intensif dengan adanya perpindahan sebagian pelayanan kesehatan

Friday, August 12, 2022, August 12, 2022 WIB Last Updated 2022-08-12T13:11:51Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 


Malang ,radarmerahputih.com-  Imbas dari adanya berpindahnya puskesmas Pakisaji yang awalnya berada di desa Pakisaji tepatnya pertigaan Patung pahlawan beralih ke Desa karang duren eks kantor dinas ketahanan pangan kabupaten Malang.


Saat awak media turun kelapangan (10/8/2022) untuk melihat kondisi terbaru dengan adanya perpindahan dua kantor pelayanan yang berbeda tersebut, tampak di lokasi yang lama ada dua kesibukan antara dinas ketahanan pangan yang menempati eks gedung puskesmas Pakisaji dan IGD yang masih terlihat ada pasien rawat inap di ruang tersebut.


Menurut staf puskesmas Pakisaji dikantor lama saat ditemui awak media hanya menjawab singkat "kalau saat ini, sesuai pengumuman di pintu pak, masih ada pelayanan kesehatan yakni ; poli Gigi, UGD, rawat inap dan laboratorium tetap ".



Sedangkan keterangan dari staf dinas ketahanan pangan kepada wartawan, "kantor pelayanan tata usaha puskesmas Pakisaji memang sudah pindah ke eks gedung atau kantor ketahanan pangan dikarang duren mulai (6/8/2022) ". terangnya


Lain lagi komentar dari pasien asal Pakisaji yang ditemui RMP.com setelah habis periksa dari poli Gigi, "saya datang kesini untuk mencabut gigi, terkait pelayanan kesehatan yang pindah ke karang duren, saya sudah tau sekitar satu bulan yang lalu".


"Awal nya dulu, saya diantar anak ke puskesmas yang dikarang duren, tapi ternyata pelayanan untuk gigi tidak ada dan diarahkan agar saya ke puskesmas yang lama, ya disini dan ternyata masih ada disini untuk pelayanan Gigi, alasan petugas 'alat masih belum pindah atau masih tetap dikantor yang lama ".


"Waktu kesini kemaren, saya masih bingung karena banyak ruang bercampur dengan pelayanan kantor ketahanan pangan dan sampai akhirnya saya di antar tukang parkir ke tempat pendaftaran ".


"Saya berharap pelayanan di puskesmas Pakisaji semakin baik, walaupun kantor Nya sudah pindah ke karang duren (bekas kantor ketahanan pangan kabupaten Malang)". terang warga Pakisaji pada awak media.



Selang beberapa waktu, masih dihari yang sama tampak ada pasien datang lagi untuk menanyakan kantor puskesmas Pakisaji untuk memerisakan mata dan akhirnya balik pulang karena pelayanan yang di harapkan tidak ada ".


Saat awak media Hendak menemui kapus Pakisaji dikantor yang baru (11/8/2022) "staf puskesmas menyuruh dua kuli tinta untuk menunggu dan setelah beberapa saat, staf puskesmas Pakisaji balik menemui lagi sambil bilang, "kepala puskesmas Pakisaji sedang sibuk dan tidak bisa diganggu, silahkan tinggalkan nomor telp agar nanti dihubungi pak Bambang ". kata staf tersebut sambil berdiri.



Selain itu, terkait dengan status lahan puskesmas Pakisaji yang ditempati sebagai kantor ketahanan pangan kabupaten Malang, kepala dinas pertanahan Abdul Kodir menjelaskan "(6/7/2022) "asal usul lahan puskesmas tersebut bukan tanah TKD , tapi tanah bekas SR (sekolah rakyat) dan luas nya pun tidak sampai 900 meter persegi".


Lebih jauh, "sebetulnya di sana tidak layak berdiri puskesmas, lagian pelayanan kalau dilihat dari jumlah kunjungan pasien kan banyak. Artinya masyarakat banyak yang membutuhkan, akhirnya pemerintah kabupaten Malang mengalihkan ke eks kantor ketahanan pangan kabupaten Malang dan status lahan bukan tukar guling ".


"Kalau aset nya kantor ketahanan pangan kabupaten Malang kan milik Pemda , sedang kalau puskesmas Pakisaji dulunya ya masih tercatat sebagai aset puskesmas di kabupaten Malang ". Tegasnya kepala dinas pertanahan kabupaten Malang. (Tim).

Komentar

Tampilkan

Terkini