-->

Nasdem

Nasdem

Author Details

Pemdes Tapen, Kecamatan Lembeyan, Magetan Gelar Tayuban, Dalam Acara Bersih Desa.

Friday, August 26, 2022, August 26, 2022 WIB Last Updated 2022-08-27T02:41:39Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 


Magetan, radarmerahputih.com - Dalam rangka melestarikan tradisi budaya yang telah diwariskan para leluhur nenek moyang, Pemerintah Desa (Pemdes) Tapen, Kecamatan Lembeyan,Kabupaten Magetan mengadakan bersih desa. Jum'at Wage (26/08/2022).


Merupakan suatu budaya yang turun temurun dilakukan tiap tahun oleh para pemangku jabatan pemerintahan desa Tapen, melaksanakan Bersih Desa. Hal ini dilakukan sebagai wujud penghargaan atas perjuangan para leluhur yang telah berjuang atas keberadaan desa Tapen saat ini.


Dihadiri oleh Kepala Desa (Kades) Tapen,Slamet Riyanto, para perangkat desa, dan masyarakat yang berada di sekitar,juga tidak lupa pemuka agama dan tokoh masyarakat yang dituakan. Acara berlangsung dengan sangat hikmat dan sakral di petilasan atau biasa disebut Punden Jumok oleh warga sekitar.


Diawali dengan  doa bersama, di Punden Jumok, kepala desa (Kades) Tapen, Slamet Riyanto dan didampingi perangkat desa mengadakan doa, pada malam sebelum pagelaran Tayuban, tepat jam 00.00 WIB .Setelahnya mengelilingi desa sebagai bentuk "pager-pager".Kemudian dilanjutkan dengan selamatan serta gelar kesenian Jawa Tandakan atau biasa disebut juga dengan Tayuban, yang digelar di Punden Jumok,Desa Tapen.


Pelaksanaan bersih desa tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Desa Tapen, Slamet Riyanto bersama dengan perangkat desa, Babinsa, Babinkamtibmas,serta warga masyarakat desa Tapen 


"Bersih desa ini merupakan cara kita melestarikan adat budaya nenek moyang yang mana setiap tahun, di bulan Suro mengadakan acara ini dengan harapan agar desa Tapen menjadi desa yang lebih baik dan maju ke depannya", ungkapnya.



Dalam kesempatan yang sama, Kepala Desa Tapen juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga masyarakat dan perangkat desa setempat. Dimana telah bekerja sama dengan baik hingga pelaksanaan acara bersih desa dapat berjalan dengan lancar.


Selain itu, Slamet Riyanto juga mengharapkan agar dengan diadakannya bersih desa ini bisa menjadi tolak balak bagi desa Tapen yang dipimpinnya. Sehingga desanya terhindar dari segala malapetaka dan kesusahan apapun.


"Semoga dengan ini, desa kita Tapen terhindar dari malapetaka dan bebaya apapun. Serta masyarakat senantiasa diberi kesehatan dan kelimpahan dalam bertani maupun pekerjaan lainnya", imbuhnya.(IK)

Komentar

Tampilkan

Terkini