-->

Nasdem

Nasdem

Author Details

PERUMDA TIRTA KANJURUHAN MENDAPATKAN APRESIASI PADA INNOVATIVE GOVERNMENT AWARD (IGA) TAHUN 2021

Wednesday, August 10, 2022, August 10, 2022 WIB Last Updated 2022-08-10T13:27:03Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 


 

Malang ,radarmerahputih.com - Dalam ajang Innovative Government Award, Kabupaten Malang selalu ambil bagian dan kembali memperoleh penghargaan menjadi Kabupaten dengan Kategori Sangat Inovatif pada tahun 2021. 


Wujud keberhasilan ini merupakan hasil kerjasama dari berbagai pihak baik dari intern Pemerintah Kabupaten Malang, pihak swasta hingga stakeholder lainnya, tidak terkecuali masyarakat secara luas. 


Harapannya kedepan bisa meningkatkan kreativitas melalui berbagai inovasi yang konstruktif dan dapat meningkatkan kinerja. Dalam setiap pelaksanaan ajang Innovative Government Award semua Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang berpartisipasi.


Hal itu dengan mengikutsertakan inovasi yang dimiliki disertai penginputan data pendukung yang diperlukan, sehingga dapat terlihat peningkatan inovasi Kabupaten Malang di setiap tahunnya, dan mampu mendapatkan nilai yang maksimal. 


Perumda Tirta Kanjuruhan pada tahun 2021, menjadi salah satu BUMD yang mendukung Pemerintah Kabupaten Malang, untuk mengikuti ajang penilaian inovasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.bagi pemerintah Kabupaten atau Kota di Seluruh Indonesia, Pada tahun 2021, Perumda Tirta Kanjuruhan berhasil memasukkan 5 (lima) data inovasi yang telah diterapkan di Perumda Tirta Kanjuruhan. 


Inovasi yang dikembangkan tersebut berbasis digital dan non digital. Inovasi digital merupakan inovasi yang diselenggarakan dengan memanfaatkan platform dunia maya atau menggunakan teknologi informasi komunikasi sebagai alat bagi perluasan jangkauan layanan pemerintahan kepada khalayak.


Sedangkan Inovasi Non Digital, merupakan inovasi yang diselenggarakan dengan memanfaatkan alat bantu manual atau teknologi yang disertai dengan Standart Operastional Prosedur (SOP). 


Adapun kelima inovasi tersebut adalah :  

1. Mobile Meter Reading ( pembacaan meter secara online yang telah diperbarui sejak 

tahun 2019); 

2. Layanan Air Ibadah (pemberian subsidi pemasangan air dan pembayaran rekening air bagi tempat ibadah di Kabupaten Malang, yang diterapkan sejak tahun 2020);

3. E-Surat (teknologi informasi yang dipergunakan untuk mengendalikan proses surat masuk yang dikelola Perumda Tirta Kanjuruhan, diperbarui tahun 2019); 


4. Sistem Informasi Manajemen Hibah (SIM-BAH), teknologi informasi yang dimanfaatkan untuk mendukung ketepatan data proses pemasangan SR Hibah, yang diperbarui pada tahun 2019); 


5. Layanan Air MBR (LayAr MBR), proses pemberian subsidi pada pelayanan pemasangan sambungan rumah baru dan pengenaan pemakaian air bagi MBR, diterapkan pada tahun 2020. 


Untuk kelima inovasi yang telah diterapkan tersebut, yang datanya diinput pada aplikasi Innovative Govermment Award 2021, Perumda Tirta Kanjuruhan menerima penghargaan dari Bupati Malang, sebagai Perangkat Daerah yang telah menginput Inovasi dalam IGA 2021 dengan kategori “ Inovasi Terbanyak dan Memiliki Nilai Kematangan Tinggi”. 


Dan penghargaan tersebut diserahkan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, yang hadir mewakili Bupati Malang, kepada Direksi Perumda Tirta Kanjuruhan, yang diwakili oleh 

Direktur Umum Perumda Tirta Kanjuruhan Tutik Widyawati. Dengan beberapa inovasi tersebut, diharapkan kedepan mampu memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan dan masyarakat Kabupaten  Malang. Dan hal tersebut juga akan mendukung  sinergitas multiplehelix  di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang.


Hal itu terus diperkuat dan  kedepannya akan muncul lebih banyak lagi inovasi daerah di Kabupaten Malang.inovasi ini akan menjadi faktor pengungkit dan pemicu dalam percepatan pelaksanaan pembangunan maupun pelayanan publik di Kabupaten Malang dan dapat berkontribusi nyata bagi peningkatan kualitas pembangunan manusia dan untuk kesejahteraan masyarakat.  (Tim)

Komentar

Tampilkan

Terkini