-->

Nasdem

Nasdem

Author Details

Puncak Ultah Koperasi ke 75 tahun, Digelar di Lapangan Belanegara Kota Malang

Sunday, August 7, 2022, August 07, 2022 WIB Last Updated 2022-08-07T11:41:22Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini


Malang ,radarmerahputih. com -Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Koperasi ke 75 ,Dekopinda Kota Malang menggelar acara gerak jalan santai dan senam bersama di Lapangan Belanegara   , Minggu ( 7/8/2022) .

Acara tersebut dihadiri oleh seluruh pengurus dan anggota dekopin kota Malang, wawali kota Malang juga ketua dekopin Jawa timur dan ketua umum tampak semangat walaupun cuaca hujan rintik-rintik tapi acara tetap berjalan hingga selesai .


Dalam sambutannya, Dr.Sri Untari Bisowarno menyinggung kalau dari sejarah koperasi di Kota Malang, mempunyai sejarah yang panjang bermula dari adanya kerajaan Singasari berlanjut pada masa Mataram ini ada seorang Adipati brang wetan yang namanya Arya Wirateja yang kemudian mendirikan kadipaten Malang.



Setelah itu pada jaman Belanda dipisah jadi kota Malang, kita jangan sampai tidak tahu kalau kota Malang ini kota paling dahsyat untuk urusan anak muda.karena dulu pada jaman penjajahan ada anak-anak muda yang usianya masih dibawah 18 tahun ikut berjuang sampai darah penghabisan atau gugur yakni 35 orang pahlawan trip dimakamkan di Kota Malang.


Kota Malang ini, kota yang penuh berkah ada pahlawan nya, ada kerajaan besar nya, ada pemerintah jaman Belanda yang besar, ada tempat-tempat yang indah dan mulai dulu sampai sekarang koperasi-koperasi disini dari pimpinan ke pimpinan tetap maju Dekopinda.

 


Dari kacamata Dekopin, Dekopinda yang terus maju dan mandiri serta tidak mau nyusu pada pemerintah yang ada di Jawa timur itu adalah Dekopinda kota Malang,"ya pak wali sembari bercanda" ujarnya


Lebih jauh, Sri Untari" satu saya minta mas Edi, kan ada MCC dekat PDAM . saya minta satu selasar yang dipakai gerakan koperasi beraktifitas menuju koperasi modern seperti digitalisasi , akuntabilitas publik yang kemudian bisa mengeskpor semua jenis koperasi mulai koperasi simpan pinjam, koperasi produksi, koperasi pemasaran, koperasi jasa dan lainnya".



Itu biar masyarakat lebih mengenal tentang koperasi yang dimiliki oleh rakyat, dari dan untuk anggota. Karena pemerintah kota Malang kan membangun gedung dengan anggaran dari APBD kota Malang, ya saya minta space dan atau kalau menyewa, ayo urunan bareng dan kita tahu lah kalau pemerintah butuh anggaran buat pemeliharaan.


Selain itu, kita kerjasama dengan UKM dan holding nya UKM itu ya koperasi sehingga kalau koperasi ini diberikan tempat untuk membina UKM-ukm ini tentu akan dapat di raih Ekonomi Pancasila sila kelima yakni keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia di kota Malang .



Jadi tidak ada benturan antara swasta dengan koperasi, dan nanti siapa yang akan jadi pelindung Nya, yang bisa buckup urusan itu, disini kan banyak perguruan tinggi seperti pak Herman ada universitas Brawijaya terus ada perguruan tinggi, pak tukino ketua Dekopinda ada umner, jadi banyak yang akan jadi buck up akademik bagi gerakan koperasi".


Maka gerakan koperasi kota Malang yang hebat dasyat dan keren tadi, menuju tiga hal tadi butuh untuk beradaptasi dengan jaman yang baru yaitu digitalisasi . sudah tidak mungkin dielakkan lagi dan koperasi tidak boleh manual lagi, menulis satu-satu bisa Copot tangan kita.tapi kalau kita bisa digitalisasi sekali ketuk bisa buat laporan.


Harapan saya, bagaimana semuanya berkembang dan semua sejahtera, tidak ada lagi yang miskin di kota Malang karena diurus sama koperasi, penghargaan tertinggi pada rekan gerakan koperasi kota Malang dan koperasi kami setia Budi wanita (sbw) akan bisa diajak sebagai inkubator dalam mewujudkan dan mengembangkan koperasi-koperasi baru.


Kalau mau seperti tanggung renteng Monggo, karena teruji dimasa pandemi tidak ada tunggakan, kenapa, karena ada gotong royong bersama yang lagi kolep ditolong dan akhirnya disitulah letak dan peran bagaimana koperasi bisa menjadi akrekator ekonomi kota Malang dan kota Malang ini kota indah dan kota besar kedua di Jawa timur mari kita rawat dan kita pelihara ,koperasi kuat rakyat berdaulat Indonesia hebat kota Malang hebat . terang Untari selalu ketua umum dekopin

Dan tambah Untari, koperasi-koperasi yang mati suri diharapkan pemerintah kota Malang dalam hal ini Dekopinda bisa menindaklanjuti, apa bubar atau dibubarkan.karena dikuatirkan badan hukumnya dipakai orang lain kalau tidak segera ditangani dan mengenai data ada berapa koperasi yang mati suri di Kota Malang, pak Tukino yang mengetahui detail nya.


Dari wakil walikota Malang Sofyan Edi Jarwoko dalam sambutan singkatnya mengajak warga yang hadir untuk main kuis singkat dengan menjawab pertanyaan diantaranya" Arema sekarang ulang tahun yang ke berapa ? Dan yang dapat menjawab adalah seorang gadis kecil dengan cepat menjawab ulang tahun yang ke 35 tahun, spontan wawali memberikan hadiah payung pada pemenang kuis tersebut dan diakhiri dengan mengucap "ikan sepat ikan gabus, lebih cepat lebih bagus". terang bung Edi


Komentar dari beberapa anggota  koperasi di lokasi pameran saat diwawancarai awak media (7/8/2022) sebut saja indah dari koperasi rssa "ini saya membawa hasil kerajinan dari perkumpulan lansia ada model dompet hingga model tas, tempat tisue yang beralamat di jalan Klampok Kasri.

Sedangkan tenaga yang mengerjakan ada beberapa orang lansia yang bagian rajut dan ada bagian sendiri yang buat resleting ".


"Lebih jauh, untuk harga produk ini dimulai Rp.15.000 yakni dompet kecil dan yang paling mahal pun masih dibawah rp.300.000 dan untuk harga segitu sudah dapat tas besar beserta isinya ada dompet pakai tali panjang sebagai pelengkap Nya". Ujar indah dari koperasi rssa 


Sedangkan Sri Mulyani dari perlebahan juga menawarkan berbagai jenis madu yang di ikutkan dalam acara ulang tahun koperasi yang ke 75 ini," kami ada beberapa jenis madu (madu klanceng putih dan hitam, madu propolis, madu premium, madu hutan, madu royal jelly ) kami sendiri sudah 10 tahun menekuni dunia perlebahan dan mendapat bimbingan dari dosen universitas Brawijaya dalam mengelola madu untuk kesehatan ". Ungkap Sri Mulyani pada awak media (Tim)

Komentar

Tampilkan

Terkini