-->

Nasdem

Nasdem

Author Details

TIGA PRAKONGRES SEBAGAI AWAL MENUJU KONGRES PERTAMA KEBUDAYAAN BATAK TOBA AKAN SEGERA DIGELAR.

Thursday, August 4, 2022, August 04, 2022 WIB Last Updated 2022-08-05T04:41:43Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 


Sumatera Utara ,radarmerahputih.com - Kongres Pertama Kebudayaan Batak Toba yang akan diadakan di Balige, Toba, Sumatera Utara pada tanggal 20 s.d. 22 Oktober 2022 diawali dengan kegiatan Prakongres Kebudayaan Batak Toba yang akan digelar di tiga kota : Tarutung, Jakarta, dan Jerman. Prakongres di Tarutung diadakan hari Sabtu, 6 Agustus 2022 di Kampus Institut Agama Kristen Negeri (IAKN), Tarutung, Sumatera Utara.


Prakongres ini bertema “Penyusunan Pedoman Ejaan Bahasa Batak Toba dan Panduan Penulisan Aksara Batak Toba”.


Hal ini disampaikan Sekretaris Panitia Kongres Kebudayaan Batak Toba, Drs. Tigor Tampubolon melalui keterangannya  kepada METROPOLITAN, Kamis (4/8/2022) di Jakarta.


Prakongres Kebudayaan Batak Toba ini akan dihadiri  para kepala dinas dan guru-guru dari Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Toba,  Samosir, Humbang Hasundutan, Dairi, Dosen IAKN Tarutung, Yayasan Pelestari Kebudayaan Batak, Grup Palambok PusuPusu, Sarimpang Art, dosen dan mahasiswa Program Studi Sastra Batak Universitas Sumatera Utara (USU), Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT), dan pemerhati kebudayaan, khususnya bahasa Batak Toba yang mendaftarkan diri secara perseorangan.

 


Prakongres Kebudayaan Batak Toba yang akan dilaksanakan pada tanggal 6 Agustus 2022, di Kampus IAKN Tarutung, Tapanuli Utara didukung penuh oleh Rektor IAKN Tarutung. Prof. Dr. Albiner Siagian



Ketua Panitia Kongres Pertama Kebudayaan Batak Toba, Prof. Dr. Robert Sibarani, M.S., dosen Sekolah Pascasarjana USU yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Lembaga Penelitian USU mengatakan bahwa dalam Prakongres berikut yang akan diselenggarakan di Jakarta akan membahas masalah "Penyusunan Tata Bahasa Batak Toba”. Kegiatan ini akan dilaksanakan tanggal 27-28 September 2022 di Gedung Kemendikbudristek, Jakarta. Prakongres di Jakarta dituanrumahi oleh Batak Center yang dipimpin oleh Bapak Ir.S.M.Tampubolon dan sekjen Drs.Jerry.Sirait. Batak Center membetuk panitia lokal untuk menyukseskan Prakongres di Jakarta. Berbagai kegiatan kebudayaan diselenggarakan seperti lomba martumba, marumpasa, dan maruninguningan. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan generasi muda Batak Toba yang berdomisili di tanah perantauan terhadap seni dan kebudayaan leluhurnya.


Selanjutnya Prakongres dengan tema "Inventarisasi Benda-Benda Budaya Batak di Luar Negeri" diadakan tanggal 10 Oktober 2022 di Koln, Jerman”. Prakongres di Jerman ini dituanrumahi oleh diaspora Batak Eropa, khususnya yang bermukim di Jerman, ujarnya.


Prof.Dr.Robert Sibarani,M.S. menjelaskan bahwa pelaksanaan Kongres Pertama Kebudayaan Batak Toba akan diadakan pada tanggal 20-22 Oktober 2022 di Hotel Labersa,  Balige, Kabupaten Toba, yang berada di Kawasan Danau Toba.


Melalui kongres ini akan diperoleh hasil berupa penyusunan dan penetapan Panduan Aksara Batak Toba, Panduan Ejaan Batak Toba, dan Tata Bahasa Batak Toba.

( Sof / red ) 

Komentar

Tampilkan

Terkini