Wahyu Kuncoro ; Merger untuk membentuk sinergi potensial, perhutani group siap menghadapi persaingan usaha Nasional dan global

 




Malsng radarmerahputih.com - Perum Perhutani pada (26/8/2022) telah meluncurkan re-grouping anak perusahaan berbentuk merger sub-holding Group perhutani mulai Inhutani I ,II, III bergabung dalam entitas Inhutani I dan Inhutani IV ,V serta perhutani anugerah kimia bergabung dalam entitas Inhutani V dan Palawi Risorsis re-branding menjadi Econique, di area wisata Coban Rondo Pujon Kabupaten Malang. 


Untuk re-grouping anak perusahaan Group perhutani membuat strategi product focus, yakni Inhutani I fokus pada produk kayu berbasis engineering wood product, biomass, pengembangan proyek-proyek nature based solutions atau perdagangan karbon (carbon trade) dan pengembangan multi usaha kehutanan, serta optimalisasi kawasan konsesi hutan alam dan hutan tanaman.


Dan bagi Inhutani V fokus pada produk Hasil Hutan Bukan Kayu berupa gondorukem, terpentin, dan derivatnya, serta optimalisasi pemanfaatan kawasan melalui skema kemitraan, untuk pengembangan Hasil Hutan Bukan Kayu dan multi usaha kehutanan.



Sedangkan untuk econique akan berfokus pada ekowisata. 

Jadi selain mengelola destinasi wisata yang sudah ada, bisnis wisata yang dikelola Perhutani dan Inhutani I mau dialih kelola secara bertahap oleh econique dan 2022 ini ada 26 destinasi wisata serta 6 rest area.


Dalam kesempatan yang sama Wahyu Kuncoro selaku Dirut Perum Perhutani juga menerangkan, "bahwa Perhutani Group melalui anak perusahaan hasil merger berstrategi product focus untuk pertumbuhan bisnis. dengan demikian, aksi korporasi ini menunjukkan bahwa Perhutani Group memiliki skala ekonomi usaha dan pangsa pasar yang lebih besar serta akses yang lebih luas daripada sebelumnya".


"untuk tujuan dari merger sendiri adalah membentuk sinergi potensial, sehingga Perhutani Group siap menghadapi persaingan usaha nasional dan global. dan merger ini akan mempermudah knowledge sharing, salah satu bentuk sinergi potensial antara induk dan anak perusahaan".


lebih jauh, Wahyu "Research and Development, serta pengembangan SDM yang telah dilakukan Perhutani Forestry Institute dapat pula diimplementasikan oleh anak perusahaan, dan sebaliknya sumber daya yang dimiliki anak perusahaan dapat pula digunakan untuk pengembangan usaha baru".


"seperti pengembangan proyek nature based solutions dan dengan demikian, merger anak perusahaan ini akan berdampak pada efisiensi dalam pengembangan usaha Perhutani Group, yaitu dengan saling tukar informasi, tukar keunggulan yang dimiliki masing-masing, baik anak maupun induk perusahaan".


Selain itu, untuk menuju perhutani baru, kami ingin berubah dengan cepat bersama-sama di tengah dinamika yang terjadi saat ini. serta kedepan nya, Perhutani sebagai induk perusahaan akan fokus pada hulu bisnis, yaitu kelestarian sumber daya hutan dan kelestarian hasil hutan, sedangkan merger sub-holding perhutani group telah resmi efektif mulai 1 Agustus 2022". pungkasnya


Dari Wakil Menteri BUMN I, Pahala Nugraha Mansury menyampaikan " Restrukturisasi BUMN ,penataan anak perusahaan bertujuan untuk mendorong perusahaan BUMN fokus pada bisnisnya. sehingga mampu memberi kontribusi pada peningkatan pertumbuhan perekonomian negara dan masyarakat. Sebagai BUMN yang masuk dalam cluster Perkebunan dan Kehutanan, Perum Perhutani juga telah mewujudkan upaya restrukturisasi ini".


“Dengan merger anak perusahaan diharapkan mampu meningkatkan kinerja operasional dalam hal efektifitas pengelolaan sumber daya hutan, sehingga berdampak terhadap kehidupan masyarakat sekitar hutan juga lingkungan.

serta meningkatkan kinerja finansial perusahaan pasca merger. Disamping alih kelola bisnis wisata kepada anak perusahaan juga diharapkan dapat meningkatkan fokus pada pengelolaan bisnis ekowisata". terang pahala Nugraha (Tim)



 

Post a Comment

0 Comments