*Dengan Program KOTAKU Pemdes Bajulan Sulap Lingkungan Yang Dulunya Kumuh*

 


MADIUN,Radar merah putih.Com–Lingkungan desa Bajulan kecamatan Saradan kabupaten Madiun yang dulunya agak kumuh kini di sulap oleh Kades baru dengan pembagunan drainase dan pavingisasi dengan anggaran bersumber dari dana IBM KOTAKU.

Program Kota Tanpa Kumuh( KOTAKU) adalah merupakan cara strategis Direktorat Jendral Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk mempercepat penanganan pemukiman kumuh.

Pemdes Bajulan  merealisasikan anggaran program KOTAKU di lingkungan RT 01/RW 01,RT 04/RW 02 dan RT 05 /RW 03 .Yang mana direalisasikan untuk Pavingisasi dan Drainase dengan bervolume 645.4 meter dan 414 meter mengunakan anggaran yang sebesar Rp. 750.000.000 ( tujuh ratus lima puluh juta rupiah) dari IMB Kotaku tahun 2022 .

Kades Bajulan Hari Purnomo, SE, mejelaskan, sebagai solusi dalam menyelesaikan buruknya sistem saluran pembuangan air hujan yang menggenangi jalan dan mengakibatkan jalan berlubang.

“Jalan dan drainase ini bertujuan nantinya akan berfungsi untuk mempermudah akses jalan warga, memperlancar aktivitas antar lingkungan dan mencegah banjir”, jelasnya.

Kades menambahkan, dikit demi sedikit membenahi infrastruktur yang ada di desa bajulan, Supaya seluruh lingkungan di desa Bajulan bisa lebih maju, karena keterbatasan dana maka pembangunan di lakukan secara bertahap.


“Karena segala aktivitas masyarakat dalam sektor ekonomi itu tentu membutuhkan pembangunan infrastruktur yang memadai, salah satunya yakni akses jalan.

Keberadaan jalan desa dan jalan lingkungan yang layak tentu akan berdampak pada kelancaran transportasi dan perekonomian khususnya warga desa Bajulan dan masyarakat pada umumnya”, tambah Kades.


Di himbau, lanjut Kades, untuk masyarakat, mari menjaga dan merawat infrastruktur yang sudah ada, karena permasalahan yang sering terjadi dalam sebuah sistem drainase adalah orang yang tidak bertanggung jawab.

“Seperti membuang sampah sembarangan yang dapat mengakibatkan saluran drainase tersumbat dan akan menyebabkan masalah besar yaitu air tidak masuk ke selokan dan menggenangi jalan, yang mengakibatkan jalan berlubang sana sini, maka mari kita jaga bersama-sama.


Hari Purnomo menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya pada pemerintah pusat maupun daerah kabupaten Madiun telah mempercayai ,memilih desa Bajulan dalam penyegaran progam Kotaku tahun 2022. 

Dengan program ini lingkungan desa Bajulan kini jadi tertata ,bersih dan jelas sekali keasriannya" jelas Kades Bajulan ini.

(jnd)


Post a Comment

0 Comments