-->

Nasdem

Nasdem

Author Details

Diwakili Menteri Luar Negeri , Jokowi Terima Penghargaan Global Citizen Di New

Wednesday, September 21, 2022, September 21, 2022 WIB Last Updated 2022-09-21T16:24:33Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 


( Diwakili Menteri Luar Negeri , Jokowi Terima Penghargaan  Global Citizen Di New York ) 

II NEW YORK, AS

Radarmerahputih.com -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menerima penghargaan prestitisius Global Citizen Award dari Atlantic Council. Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan hingga Menlu Retno LP Marsudi hadir langsung mewakili Jokowi dalam acara yang berlangsung di New York, Amerika Serikat (AS).

Global Citizen Award diselenggarakan di Cipriani Ballroom, 55 Wall Street, New York, Senin (19/9/2022) pukul 19.00 malam waktu AS. Luhut, Menlu dan rombongan hadir langsung di lokasi acara. Tampak juga Hashim Djojohadikusumo di lokasi.

Jokowi merupakan salah satu pemimpin dunia yang menerima penghargaan ini. Global Citizen Award diberikan kepada pemimpin dunia dan individu berprestasi yang membuat karya besar bagi kemanusiaan. Sebelum Jokowi, beberapa kepala negara juga mendapat penghargaan ini antara lain Presiden Korea Selatan hingga PM Belanda.

Selain Jokowi, pemimpin dunia yang dianugerahi Global Citizen Award adalah Presiden Republik Finlandia Sauli Niinisto dan Perdana Menteri Swedia Magdalena Andersson. Atlantic Council juga memberikan tribut spesial bagi mantan perdana menteri Jepang Shinzo Abe yang meninggal dunia dibunuh, serta tribut bagi mendiang Ratu Elizabeth II.

Selain Jokowi, Presiden Finlandia dan PM Swedia juga tidak hadir langsung di lokasi acara. Mereka menyampaikan sambutan lewat rekaman video.

Acara dimulai dengan memberikan penghargaan kepada Presiden Finlandia dan PM Swedia serta tribut untuk Abe dan Ratu Elizabeth II.

Pukul 21.15 waktu AS, panitia kemudian memberikan penghargaan kepada Jokowi. Video Jokowi pun diputar. Dalam video itu, Jokowi berbicara soal pandemi. “No one is safe until everyone is,” kata Jokowi dalam rekaman video itu.

Kemudian Retno maju untuk menerima penghargaan yang diberikan kepada Jokowi. Dalam sambutannya, Retno yang mengaku tidak akan berpidato lebih panjang dari Jokowi dan mengucapkan terima kasih atas penghargaan ini.

Selanjutnya, muncul lagi video pernyataan Jokowi. Jokowi berterima kasih diberikan Global Citizen Award sembari mengatakan penghargaan ini untuk rakyat Indonesia.

“Award ini adalah untuk rakyat Indonesia yang telah bekerja keras bersama-sama menghadapi berbagai tantangan,” kata Jokowi.

Pengakuan Bagi Jokowi

Sebelumnya, dalam media briefing di Jakarta pada 12 September lalu, Dirjen Kerjasama Multilateral Kemlu Tri Tharyat mengungkapkan alasan Jokowi diberi Global Citizen Award dari Atlantic Council. Salah satu alasan yakni bentuk pengakuan atas kepemimpinan Jokowi.

“Bapak Presiden diberikan penghargaan ini melalui suatu proses tentunya oleh tim di dalam Atlantic Council ini dan kenapa beliau terpilih karena sekali lagi award ini bentuk pengakuan atas kepemimpinan Indonesia di G20, khususnya adalah mendorong kolaborasi dan penanganan Atlantik global dan juga upaya Bapak Presiden dalam menciptakan perdamaian internasional dan kerja sama pasca pandemi,” kata Tri.

Tri menyebut kunjungan misi damai Jokowi ke Ukraina dan Rusia mendapat perhatian dunia internasional. Jokowi disebut turut berupaya menciptakan solusi atas perang berkelanjutan di Ukraina.

“Dan pun utama yang mendapatkan perhatian luas adalah kehadiran beliau di Moskow dan di Kiev dan sebagai bentuk dari dukungan politik presiden bagi upaya pencapaian solusi atas krisis pangan, energi dan keuangan, serta bagaimana kemudian konflik ini bisa diturunkan dan juga bagaimana kemudian pasokan pangan dan energi tidak mengganggu stabilitas global,” ujar Tri.

Tri menyebut penghargaan ini juga sebagai pengakuan atas karier Jokowi. Jokowi disebut meniti karier dari bawah hingga menjadi Presiden RI.

“Seperti diketahui juga, penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan atas perjalanan karier Bapak Presiden yang meniti karier dari bawah atau dalam istilah bahasa Inggris-nya, from humble beginning,” katanya.

SUMBER: BIRO PERS KEMENLU

Komentar

Tampilkan

Terkini