-->

Author Details

Penetapan RKPDes tahun 2023 Desa Durenan Kecamatan Sidorejo Kabupaten Magetan.

Wednesday, September 28, 2022, September 28, 2022 WIB Last Updated 2022-09-28T19:07:52Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 


Magetan, radarmerahputih.com - Pada hari ini, Rabu (27/09/2022) Pemerintah Desa (Pemdes) Durenan, Kecamatan Sidorejo, Kabupaten Magetan, menggelar acara musyawarah desa (musdes) Penetapan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) tahun 2023.


Hadir dalam acara tersebut Camat Sidorejo Dandung Wijarnako, S.Sos, Kepala Desa Durenan Puryono, kapolsek Kecamatan Sidorejo yang mewakili Kasubagsektor Iptu. Subagyo, Danpos Ramil Pelda. Djarwo, Ketua BPD beserta anggota, Ketua LPM beserta anggota, Perangkat Desa setempat dan undangan lainnya. Acara berlangsung dengan lancar dan tertib di balai pertemuan Desa Durenan.


Dalam Musdes kali Kepala Desa Durenan Puryono, memaparkan bahwa Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) 2023 merupakan penjabaran dari RPJMDes. Yang mana RPJMDes adalah program kerja atau kegiatan pembangunan desa yang telah disusun oleh Kepala Desa terpilih untuk program kerja 6 tahun. Dan RKPDes ini merupakan program kerja kegiatan desa per tahun.


Lanjut dijelaskan bahwa dalam RKPDes ini memprioritaskan kegiatan yang mendesak untuk kepentingan umum. Dalam hal ini mencakup pemenuhan kebutuhan masyarakat pada umumnya. Selain itu juga dikatakan bahwa RKPDes ada kegiatan rutin tahunan dan kegiatan tidak rutin tahunan. Contoh kegiatan rutin tahunan adalah penyelenggaraan siltap tunjangan, ATK, kegiatan rapat desa. 


Kepala Desa Puryono, juga menjelaskan bahwa sumber pendapatan desa berasal dari PAD meliputi Dana Desa(DD), ADD, Dana bagi hasil pajak, pengelolaan tanah bengkok dan untuk tahun depan Program Infrastruktur Jalan dan Talud.


Untuk RKPDes tahun 2023 direncanakan kegiatan untuk peningkatan bidang pendidikan yaitu pembangunan PAUD, bidang ketahanan pangan, pembangunan saluran irigasi/talud, dan untuk peningkatan perekonomian masyarakat.


Dalam kesempatan yang sama, ketika diwawancara awak media Radar Merah Putih, Kepala Desa Durenan Puryono, mengatakan bahwa, untuk RKPDes tahun 2023 yang diprioritaskan adalah Infrastruktur Jalan dan saluran irigasi/ talud.


" Untuk RKPDes tahun 2023 ini Pemdes Durenan mengoptimalkan bidang ketahanan pangan,  yang mana kegiatan direncanakan untuk pembangunan saluran irigasi/ talud. Harapan saya dengan pembangunan jalan dan saluran irigasi ini akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Durenan yang sebagian besar penduduknya bermata pencaharian petani," ungkapnya. 

(ardhi)

Komentar

Tampilkan

Terkini