-->

Nasdem

Nasdem

Author Details

Tak Hanya Pelayanan, Kades Budi Tukul Juga Genjot Infrastruktur Jalan

Friday, September 16, 2022, September 16, 2022 WIB Last Updated 2022-09-17T00:42:55Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 



 Probolinggo, Jatim ,radarmerahputih.com  – (17/09/2022) Budi Utomo Kepala Desa Tukul, Kecamatan Sumber, Kabupaten Probolinggo, membangun jalan rabat beton dengan menggunakan Anggaran Dana Desa. Menurut Kades Budi Utomo, pembangunan jalan Dusun Plapah menuju Tempuran ini untuk memberikan kelancaran dalam transportasi sehingga memudahkan masyarakat dalam beraktivitas.


“Sejak digulirkan bantuan Dana Desa ke setiap desa, kami memprioritaskan pembangunan jalan dengan rabat beton, jalan tersebut dibangun bertujuan untuk mempermudah akses masyarakat dalam melakukan aktivitas,” ujar Kades Budi kepada awak media saat ditemui dilokasi pengerjaan jalan.


Kades Budi juga berharap agar pengelolaan dana desa bisa dilakukan dengan cara yang tepat dan kreatif untuk memajukan desa.


“Tiap kepala desa harus punya kreatifitas untuk menyelenggarakan usaha dan kegiatan yang produktif. Dengan dana yang besar itu diharapkan nantinya pembangunan bisa lebih maksimal sehingga anggaran untuk desa ini bisa memberikan dampak yang bagus terhadap pembangunan yang ada di desa secara menyeluruh,” paparnya.


Selain itu, Kades Budi juga mengharapkan pemerintah desa agar bisa memanfaatkan alokasi Dana Desa yang ada untuk mempercepat sektor pembangunan dasar masyarakat.


“Pemerintah desa menerima Dana Alokasi Desa dari pemerintah agar dapat dimanfaatkan untuk mempercepat pembangunan dasar di tengah masyarakat seperti pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan lain - lain. Sebab itu pemerintah desa harus dapat menjalankan kerjanya secara maksimal dengan memanfaatkan setiap dana sebaik mungkin,” lugasnya.


Pihaknya menyadari, untuk meningkatkan pembangunan dasar itu memang memerlukan dana yang tidak sedikit. Namun, untuk mengantisipasi hal itu, pemerintah desa bisa berupaya meningkatkan pendapatan asli desa, dan melakukan pengawalan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), harus bisa mengetahui bagaimana penyampaian laporan keuangan dari anggaran yang telah digunakan, sehingga meminimalisir temuan-temuan, serta mengantisipasi tindakan-tindakan yang melanggar hukum pidana.



Kades Budi juga memastikan sejauh ini peruntukan dana desa yang dilakukan oleh pemerintah desa Tukul sudah tepat sasaran. Hal itu dapat dilihat dengan minimnya permasalahan-permasalahan yang dikeluhkan masyarakat.


Guna kelancaran dalam transportasi darat, Pemerintah Desa Tukul merealisasikan DD tahap II dengan pengecoran antara jalan dusun Plapah menuju Tempuran, salah satunya yang sedang dikerjakan dengan anggaran dana desa dengan panjang 160  meter.


“Jalan itu masih makadaman semua, jadi kalau hujan sangat licin dan membahayakan. Jalan tersebut tadi hanya berupa jalan makadam yang dipergunakan untuk transportasi masyarakat, ” kata Kades Budi.


Terkait kinerja kepala desa yang membangun jalan rabat beton, warga pun menyambut gembira. “Kami bangga dengan kinerja kepala desa dalam membangun jalan rabat beton. Sebab, selama ini masyarakat kurang nyaman dengan jalan  makadam saat turun hujan sehingga akses transportasi darat menjadi licin dan susah,” ujar salah seorang warga setempat.


”Kami juga bangga memiliki seorang pemimpin yang peduli dengan pembangunan di desa. Selain itu, kepala desa Budi selalu terbuka dan transparan dalam mengelola dana desa yang melibatkan semua unsur. Mudah-mudahan pembangunan ini terus dilanjutkan tiap tahunnya,” harapnya.

(Ed/ abdl ) 

Komentar

Tampilkan

Terkini