-->

Nasdem

Nasdem

Author Details

TNI Angkatan Laut Mengikuti Latihan Bersama Kakadu 2022

Friday, September 16, 2022, September 16, 2022 WIB Last Updated 2022-09-17T00:07:42Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 


Sorong Papua Barat ,radarmerahputih.com  – Panglima Koarmada ( Pangkoarmada III) Laksamana Muda TNI Irvansyah, S.H., CHRMP., M.TR.Opsla turut serta mengikuti pembukaan Latihan Bersama (Latma) Multilateral Naval Exercise Kakadu 2022 yang dibuka oleh Panglima Armada Australia Rear Admiral Jonathan Earley di Darwin Convention Center Australia, pada tanggal 12 September 2022 yang lalu, dimana kegiatan latihan tersebut akan berakhir pada tanggal 24 September 2022, adapun tema latihan tersebut adalah ‘Kemitraan, Kepemimpinan dan Persahabatan’ . Jumat (16/09/22).


Latma Kakadu 2022 ini, merupakan latihan setiap dua tahunan yang dilaksanakan oleh Royal Australian Navy (RAN) dan diikuti oleh 27 negara diantaranya Singapura, Selandia Baru, Thailand, Malaysia, Indonesia, Papua Nugini, Filipina, Jepang, Korea Selatan, Prancis, India, Pakistan, Brunei, Timor-Leste, Tonga, Hong Kong (Inggris Raya), Kanada, Bangladesh, Kamboja, Vietnam, Fiji, AS, UEA, Kepulauan Cook, Sri Lanka, Chili, Cina, dan Vanuatu.


Pada kesempatan tersebut, sebelum pelaksanaan Latihan seluruh peserta mengikuti upacara adat yang dilaksanakan untuk menghormati tradisi suku asli Australia, dimana dalam sejarah singkat tentang Darwin terdapat suku atau penduduk asli yang dinamakan “Larrakeyah” dan suku tersebut adalah penduduk pertama di kota Darwin, yang memiliki tradisi “Smokes” yaitu daun yang dibakar untuk pengasapan yang diiringi lantunan dari instrument Didgerido, sebelum berkumpul dan bermusyawarah seluruh peserta latihan harus berjalan dan melewati asap tersebut.


Materi Latihan pada hari pertama mencakup Fase Laut dan Fase Pelabuhan, dimana dalam Fase Pelabuhan, peserta terlibat dalam interaksi perencanaan operasional dan kegiatan pendukung, dengan materi yang dipaparkan adalah, Exercise Overview and Conduct, Exercise Safety, Environmental Brief, Harbour Support, Military Public Affairs, Medical Brief, Logistic Brief, Excon Brief, Submarine Safety Brief.



Pada bagian lain, Pangkoarmada III mengikuti Konferensi Panglima Armada bertempat di Darwin Convention Center dengan materi dan diskusi tentang Keamanan Maritim, dan kesesokan harinya melaksanakan Bilateral Meeting dengan 6 (enam) Panglima Armada, diantaranya adalah dengan Pangarmada Australia, Pangarmada Pakistan, Pangarmada Singapura, Pangarmada Jerman, Pangarmada Perancis dan Pangarmabar Malaysia, serta dilanjutkan dengan acara budaya dan kegiatan sosial.


Diakhir kegiatan, Pangkoarmada III melaksanakan kunjungan dan ship check ke KRI Raden Eddy Martadinata-331 yang sedang sandar di Dermaga Fort Hill Wharf Darwin Australia, dimana KRI Raden Eddy Martadinata-331 adalah unsur TNI Angkatan Laut sebagai wakil Indonesia yang terlibat dalam kegiatan dan mengikuti Latihan Bersama (Latma) Multilateral Naval Exercise Kakadu 2022.


Adapun Delegasi TNI Angkatan Laut yang mengikuti Latma Multilateral Naval Exercise Kakadu 2022 di Australia adalah Panglima Koarmada(Pangkoarmada III)Laksamana Muda TNI Irvansyah, S.H., CHRMP., M.TR.Opsla, Kasi Latra Disopslatal, Letrkol Laut (P) Ricky Tacoma, Komandan KRI Raden Eddy Martadinata-331 Kolonel Laut (P) Nopriadi, M.Tr.Hanla. serta seluruh personel KRI Raden Eddy Martadinata-331.


(Dispen Koarmada III/ Sho )

Komentar

Tampilkan

Terkini