-->

Author Details

Sosialisasi gempur rokok ilegal melalui kesenian tradisional Desa Pandansari lor

Friday, November 18, 2022, November 18, 2022 WIB Last Updated 2022-11-18T10:20:59Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 


Malang ,rdarmerahputih.com Dalam rangka memberantas peredaran rokok tanpa pita cukai atau polos diwilayah kabupaten Malang, satuan polisi pamong praja kabupaten Malang menggandeng Bea Cukai Malang mengadakan kegiatan Sosialisasi bertema gempur rokok ilegal bertempat dikantor balai desa Pandansari lor kecamatan Jabung kabupaten Malang.


Acara Sosialisasi tersebut, dilaksanakan pada hari Kamis (17/11/2022) yang bersamaan dengan adanya kegiatan bersih desa, yang mana kegiatan nya dimulai pada pukul 19.00 sebelum pagelaran wayang kulit berlangsung.


Adapun yang hadir dalam sosialisasi itu adalah warga desa Pandansari lor sendiri dan muspika kecamatan Jabung Camat Jabung, Kapolsek Jabung, danramil Jabung serta unsur terkait.


Sosialisasi ini merupakan rangkaian kegiatan dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Malang dalam rangka pemanfaatan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBH CHT) Tahun 2022. 


Dalam kesempatan sebelumnya, Kepala Satpol PP Kabupaten Malang Firmando ditempat terpisah pendopo kecamatan Kepanjen menekankan, peran Satlinmas kepada masyarakat khususnya dalam pencegahan peredaran rokok ilegal di wilayah Kabupaten Malang, tidak hanya sebatas sebagai pelindung masyarakat saja, tetapi juga berperan dalam memberikan informasi jika ada dugaan peredaran rokok ilegal.


Dan dalam sambutannya di balai desa Pandansari lor, Kasatol-PP tak lupa menjelaskan " kegiatan sosialisasi gempur rokok ilegal yang sebelumnya ditangani oleh sekretaris daerah dan saat ini menjelang akhir tahun baru bisa dilaksanakan Satpol-PP kabupaten Malang yang bersamaan dengan adanya kegiatan kesenian tradisional seperti pagelaran wayang kulit".


" mudah -mudahan dalam pagelaran wayang kulit ini membawa suasana baru, pemikiran baru juga bisa membawa kesejahteraan dan kemakmuran baru bagi masyarakat Pandansari lor kecamatan Jabung umum nya ".


"Saya mohon maaf karena ini baru bisa dilakukan setelah adanya pergeseran PAK dan saya berharap apa yang akan di sampaikan temen-temen dari Bea dan cukai supaya diperhatikan, agar kita sama-sama mengetahui gempur rokok ilegal itu dan apa rokok ilegal tersebut ". pungkas Firmando S Matondang 


Lebih lanjut, untuk materi terkait ketentuan di bidang cukai (17/11/2022) disampaikan oleh seksi penyuluhan dan penyampaian informasi yang dari pantauan awak media, pejabat dari bea dan cukai mengawali dengan pengenalan institusi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Pengertian Cukai, Pemahaman terkait Rokok Ilegal sampai dengan dampak peredaran BKC Ilegal. 


Dan ada beberapa hal yang sempat disinggung, seperti "cukai adalah pungutan negara untuk barang tertentu, terutama untuk barang yang konsumsi nya perlu dikendalikan dan peredaran nya perlu diawasi. Jadi istilahnya, cukai ini dari rakyat untuk rakyat melalui dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) yang diantaranya untuk dukungan kesehatan tentunya ". ujarnya  (Tim)

 


 

Komentar

Tampilkan

Terkini