Taruna Akademi Militer Tingkat II/Sertar Siap Melaksanakan Latihan Praja Bakti

 


Magelang, radarmerahputih.com- Wakil Gubernur Akademi Militer Brigjen TNI Erwin Djatniko, S.Sos memimpin acara laporan kesiapan Latihan Praja Bakti Taruna Akademi Militer Tingkat II/Sertar TP 2022/2023 yang bertempat di Gedung Much Lily Rohli Akademi Militer Magelang. Kamis (17/11/2022).


Dalam kesempatan tersebut Wakil Gubernur Akademi Militer Brigjen TNI Erwin Djatniko, S.Sos membacakan amanat tertulis Gubernur Akademi Militer bahwa, “Latihan Praja Bakti ini akan dilaksanakan selama enam hari, mulai tanggal 21 sampai dengan 26 November 2022 di wilayah Kabupaten Temanggung”.


Selanjutnya,Latihan ini memberikan pembekalan kepada Taruna Akmil Tingkat II/Sertar untuk mengerti dan dapat mengaplikasikan materi pelajaran Pengetahuan Teritorial bersama masyarakat dan Metodologi Penelitian serta dapat mengimplementasikan kepekaan teritorial sebagai calon perwira terhadap masyarakat di lingkungan     sekitarnya. 


Sehingga nantinya memiliki kompetensi sebagai insan-insan teritorial di kesatuannya kelak yang mampu meningkatkan sinergitas dengan masyarakat dalam rangka mengoptimalkan nilai-nilai manfaat pembangunan bagi pemerintah daerah setempat. 


Kemudian beliau menekankan bahwa, “ Salah satu fungsi utama TNI, yaitu Pembinaan Teritorial (Binter) dengan  beberapa metode, yaitu Bakti TNI, Komunikasi Sosial (Komsos) dan Pembinaan Ketahanan Wilayah (Bintahwil). Wujud implementasi nilai-nilai yang terkandung dalam Pembinaan Teritorial TNI adalah Latihan Praja Bakti bagi Taruna, dalam rangka meningkatkan pemahaman bagi Taruna tentang pentingnya kemanunggalan TNI dengan Rakyat”.


Sebagai calon-calon pemimpin TNI di masa depan, Taruna Akademi Militer harus memegang  teguh jati diri dan marwah TNI yaitu “Dari Rakyat, Oleh Rakyat dan Untuk Rakyat“ yang selalu membantu kesulitan dan mendahulukan kepentingan rakyat, dengan kegiatan yang akan dilaksanakan antara lain mencakup tiga metode Binter, yaitu  meliputi : Bakti TNI, Bintahwil, Komsos dan kegiatan Riset Sosial.


Sebagai pedoman para Taruna selama melaksanakan latihan, beliau sampaikan beberapa atensi dan penekanan, yaitu : Awali pada setiap kegiatan dengan selalu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Beradaptasilah dengan kondisi lingkungan masyarakat tempat kalian melaksanakan Latihan Praja Bakti. Pahami dengan bijaksana adat-istiadat maupun nilai-nilai sosial kemasyarakatan yang berlaku di lokasi latihan. 


Pelihara fisik dan kesehatanmu dengan baik, serta utamakan faktor keamanan selama mengikuti kegiatan latihan Praja Bakti ini. Laporkan segera kepada para pelatih dan pengasuhmu pada kesempatan pertama, apabila terjadi hal-hal yang menonjol serta memerlukan tindakan lebih lanjut.


Pegang teguh sikap dan perilaku serta tutur kata sebagai sosok seorang Taruna yang dapat dibanggakan dan diteladani dimanapun kalian berada.

Diakhir sambutannya kepada seluruh peserta latihan, beliau ucapkan, “Selamat Melaksanakan Latihan Praja Bakti”.



( Penhumas Akmil./ Sym )

Post a Comment

0 Comments