-->

Author Details

ADM Ida Jatiyana ; wisata Tampora perlu pengembangan serius karena punya potensi luar biasa

Monday, December 26, 2022, December 26, 2022 WIB Last Updated 2022-12-26T23:52:42Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

  


Probolinggo ,radarmerahputih.com - Detik -detik menuju ahir tahun 2022 dan menyambut liburan nasional, beberapa wisata dibawah naungan Perum perhutani terus berbenah, di antaranya wana wisata Tampora yang terletak di kabupaten Situbondo Jawa timur, wisata pantai Utara Jawa ini tergolong mempunyai panorama alam yang masih alami masuk dalam pengelolaan BKPH taman RPH taman barat Kph Probolinggo divreg Jawa timur.


Menurut ADM KPH Probolinggo Ida Jatiyana sewaktu menerima awak media (26/12/2022) , beliau menjelaskan " kalau wisata disini banyak, tapi yang menjadi prioritas dan berkembang ada tiga yakni Madakaripura, Songa dan Tampora yang sudah dikenal oleh publik".


Lebih jauh," tampora ini kelebihan nya ada pasir putih, ada tanaman yang cukup rindang sehingga bisa dipakai tempat untuk bersantai bersama keluarga jauh dari kebisingan, kemudian tempat nya pun cukup luas dan untuk akses jalan sekarang sudah kita aspal mulai pintu masuk juga pintu keluar ".


" Memang disekitar Tampora banyak wisata baru yang berkembang, tapi wisata buatan, tetapi untuk ke alamian dan kenyamanan, saya percaya Tampora mempunyai nilai lebih yang kita tawarkan dengan keluasan sekitar 3 ha serta untuk pengelolaan, sementara masih kita kelola sendiri ".


"Dulu pernah ada bantuan dari pemerintah kabupaten Situbondo berupa dinding penahan dan Gasebo -gasebo, wisata tampora kami kelola secara profesional mulai sekitar 2010, dan sebelum itu, kami masih mengikuti perkembangan untuk melengkapi terkait Sarana dan prasarana".


"Sedangkan untuk wisata Madakaripura memang sudah ada kerja sama dengan pemerintah kabupaten Probolinggo, banyak sarana dan prasarana didukung oleh pemkab dan Songa sendiri kita kerja sama dengan swasta. Saya berharap dari perhutani bisa serius mengembangkan tampora, karena itu potensi yang luar biasa ". Pungkas H.Ida Jatiyana 


Selain itu, saat awak media menemui Asper Suhadi yang didampingi kss wisata Atik jatin Rahayu dilokasi wisata tampora dusun tampora Desa kali anget kecamatan banyu Glugur kabupaten Situbondo (26/12/2022) Suhadi menambahkan" lokasi tampora ini ada di petak 34c dengan jenis kelas hutan LDTI, untuk spot wahana yang kami tawarkan adalah keindahan panorama pantai dan ada sebuah tempat yang dikenal sebagai goa kucing disini ".


" Rata-rata pengunjung lokal Situbondo dan dari tingkat kunjungan wisatawan yang tergolong cukup banyak adalah hari Sabtu -minggu dan hari besar bisa mencapai 50 - 100 orang, akses masuk dari jalan raya hingga lokasi sekitar 1 km 200 meter dan parkir pengunjung ke lokasi juga cukup dekat sekitar 300 meter ".ucap Suhadi 

        ( Goa Kucing ) 


Dan dari KSS wisata KPH Probolinggo Atik Jatin Rahayu masih dilokasi yang sama menjelaskan " wisata tampora hingga saat ini bisa memenuhi target sekitar Rp 113.000.000 untuk tahun ini, kalau dilihat dari jenisnya, tampora masuk jenis wisata kelola mandiri, dan sedangkan untuk wisata lain seperti Madakaripura dan Songa sudah masuk kerjasama".


Lebih jauh, tambah Atik " tampora sendiri rencana kedepannya akan ada kerjasama dengan pihak pemerintah daerah kabupaten Situbondo dan saat ini masih menunggu beberapa berkas dari Dinas pariwisata setempat untuk selanjutnya kami naikkan kerjasama". Ujar nya singkat (Tim)

 

 

 

Komentar

Tampilkan

Terkini