Dinas Kesehatan Magetan Sosialisasikan Program Jekmil di Pendopo Kecamatan Parang, Tingkatkan Layanan Ibu Hamil.

 


Magetan, radarmerahputih.com - Upaya Dinas Kesehatan Magetan dalam peningkatkan Pelayanan dalam bidang Kesehatan terus dilakukan. Diantaranya dengan mensosialisasikan program Jekmil (Ojek Ibu Hamil) yang di Pendopo Kecamatan Parang Selasa( 6/12/2022).


Program Jekmil ini pertama kali dilaksanakan oleh Puskesmas Bendo pada tahun 2018. Karena hasilnya sangat baik, Dinas Kesehatan Magetan berencana mengaplikasikan program Jekmil ini bagi Kecamatan-Kecamatan lainya di Kabupaten Magetan.


Rindra Wahyu KH dari UPTD Puskesmas Bendo, yang memberikan pemaparan program Jekmil menuturkan tujuan inovasi Jekmil untuk melayani ibu-ibu hamil yang tidak mampu datang ke Puskesmas dikarenakan alasan tertentu.


"Misalnya suami atau keluarganya yang tidak bisa mengantar, nanti sopir Jekmil yang akan menjemput ibu hamil dirumahnya, lalu mendampingi/menunggu ibu hamil selama proses pemeriksaan, hingga mengantarkan kembali ke rumahnya,"ujar Rindra Wahyu.


Lebih lanjut, Rindra Wahyu menjelaskan, inovasi Jekmil hanya dapat dipesan ketika ibu hamil terlebih dahulu menghubungi Bidan Desa dan menyampaikan maksudnya melakukan pemeriksaan ke Puskesmas." Bidan Desa inilah yang akan memesan Jekmil untuk menjemput ibu hamil yang hendak melakukan pemeriksaan ke Puskesmas," jelasnya.


Sementara itu Toto Aprijanto, Plt. Kabid Kesmas Dinas Kesehatan Magetan menyampaikan dengan adanya inovasi ini dapat menjadikan manfaat dan dapat berjalan dengan lancar sehingga dapat memberikan Pelayanan Kesehatan yang maksimal kepada masyarakat Kabupaten Magetan. 


"Mudah–mudahan dengan adanya inovasi ini dapat menjadikan manfaat dan bisa berjalan dengan lancar sehingga kami dapat dari Tenaga Kesehatan (Nakes) dapat terus berupaya dalam meningkatkan serta memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, " ujar Toto Aprijanto.

(ik)

Post a Comment

0 Comments