-->

Author Details

Dukung Ibu Hamil Sehat dan Bahagia Melalui Kelas Ibu Hamil.

Wednesday, December 21, 2022, December 21, 2022 WIB Last Updated 2022-12-21T23:09:56Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 

( Narasumber dari puskesmas Candirejo dan bidan desa  dalam pembukaan  bumil sehat / gmbr atas , peserta bumil gambar bawah

Magetan, radarmerahputih.com - Program Kelas Ibu Hamil adalah salah satu program Pemerintah di tahun 2022 dalam bidang kesehatan melalui pelatihan dan penyuluhan bagi ibu hamil guna meningkatkan pengetahuan kehamilan. 


Bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dan Puskesmas Candirejo Magetan, dilaksanakan kelas ibu hamil, Rabu (21/12/2022). Hadir sebagai narasumber dari Puskemas Candirejo dan bidan desa. 


Kegiatan yang dihadiri oleh perwakilan 1 orang ibu hamil setiap desa atau kelurahan di wilayah Candirejo sekitarnya ini meliputi pemeriksaan kehamilan minimal 6 kali dan 2 kali diantaranya USG oleh dokter, mengikuti kelas ibu hamil minimal 4 kali, konsumsi tablet tambah darah setiap hari, makan makanan yang sehat, dan pantau kenaikkan berat badan serta melakukan persalinan di Fasyankes. 


Kabid Kesma Dinkes Magetan, Toto Aprijanto, menyampaikan bahwa di kegiatan kelas ibu hamil selain meningkatkan pengetahuan tentang kehamilan juga penyuluhan mengenai perubahan tubuh dan keluhan selama kehamilan, perawatan masa hamil, masa nifas, penggunaan KB pasca melahirkan, serta perawatan bayi baru lahir.


Ibu hamil yang suami atau keluarganya tidak ada yang mengantar maka akan diantar dan didampingi oleh kader Jekmil selama kegiatan. Kader yang ditunjuk oleh SK masing-masing desa/kelurahan ini tugas utamanya adalah memastikan semua ibu hamil yang ada di wilayah desanya telah melakukan pemeriksaan ANCT(Anteatal Care Terpadu) di puskesmas di kehamilan trimester pertama. 


Disamping mendapatkan materi yang disampaikan melalui presentasi atau penyuluhan, peserta juga mendapat materi yang dipraktekkan secara langsung berupa senam ibu hamil. "Mari dukung ibu hamil lebih sehat dan bahagia untuk generasi yang berkualitas," tutup Toto Aprijanto. (ik)



Komentar

Tampilkan

Terkini