Gelar Praktik Memasak , SDN Ngumpul 1 Bagor , Gali Potensi Siswa .

 


Nganjuk ,radarmerahputih.com —Diakhir tahun 2022 yaitu tepatnya dibukan Desember 2022 , SDN 1 Ngumpul kecamatan Bagor Kabupaten Nganjuk menggelar kegiatan ajang mencari bakat , kususnya dibidang memasak ( chef ) , dengan tujuan menggali potensi anak sejak dini , dengan menggelar lomba atau kegiatan memasak ini juga salah satu program sekolah , yang mana pada bidang studi ketrampilan atau kecerdasan siswa ( kususnya kelas V ) . 


Selain itu juga mengenalkan siswa baik laki laki maupun perempuan dengan menu makanan khas Indonesia kususnya khas Jawa, yang pada intinya ke depan anak anak bisa mandiri ( memasak dengan selera masing masing di rumah ) .

 

Siti Winarsih,S.Pd Kepala sekolah SDN 1 Ngumpul Kecamatan Bagor Kabupaten Nganjuk , saat ditemui awak media ini menyampaikan bahwa kegiatan ini bisa dikatakan  praktik memasak, dengan praktik memasak ini  memiliki banyak manfaat, selain meningkatkan kreativitas , praktik tersebut bisa sambil mempelajari pelajaran sulit di sekolah seperti bahasa, matematika, dan sains.


Disela senda  guraunya perempuan berhijab ini mengungkapkan "Mengajak anak memasak ternyata memiliki banyak manfaat salah satunya sambil mempelajari pelajaran sulit di sekolah. Pelajaran tersebut yaitu bahasa, matematika, sains, dan meningkatkan kreativitas," ujarnya.


Siti Winarsih juga menjelaskan dari  Manfaat Praktik Memasak bagi siswa Antara lain :


1. Mengasah Keterampilan Hidup

Memasak merupakan salah satu keterampilan hidup. Dengan memasak anak dapat beradaptasi dengan baik hingga dewasa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.


2. Membantu Anak Mengenal Beragam Rasa

Manfaat memasak bersama anak dapat mengenalkan beragam rasa kepada anak. Hal ini berfungsi untuk mengembangkan sensori anak. Anak-anak yang terlibat dalam proses memasak akan tertarik mencoba makanan baru sehingga dapat mengenal rasa yang baru juga.


3. Mengembangkan Kemampuan Fisik.

 Ketika memasak anak dapat mengaduk, mengukur, menggulung, memeras, dan kegiatan lainnya. Hal ini dapat mengembangkan keterampilan motorik seperti koordinasi tangan mata dan kelenturan otot.              


 4. Belajar Pelajaran Sekolah

Dengan memasak anak dapat mempelajari pelajaran sekolah. Misalnya matematika yaitu dengan menghitung bahan-bahan yang dibutuhkan untuk memasak, menimbang, pecahan, perkalian dan lain sebagainya.


Untuk pelajaran sains saat memasak anak dapat melihat perubahan warna, tekstur, dan bentuk pada bahan masakan. Mereka juga dapat membuat prediksi dan pengamatan apa yang terjadi jika menambah atau mengurangi bahan tertentu.


Sedangkan untuk pelajaran bahasa juga dapat membantu anak untuk menjelaskan dan mendeskripsikan apa yang dibuat oleh anak. Mereka dapat menjelaskan apa yang mereka lihat, cium, dan rasakan. Mereka juga dapat belajar membaca resep dan membuat resep.


Sedangkan untuk meningkatkan kreativitas, anak dapat belajar menyajikan apa saja yang mereka inginkan. Misalnya menghias kue sesuai kreativitas. ( Rdks ) .


Post a Comment

0 Comments