Gelar UKW, Sumbangsih Pemkab Dan Diskominfo Dalam Meningkatkan Kualitas Jurnalis Magetan.

 


Magetan,  radarmerahputih. com - Sebagai bentuk dukungan terhadap jurnalis,  Pemkab Magetan bekerja sama dengan Dinas Komunikasi Dan Informatika (Diskominfo) dan PT.  Aksara Solopos menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang dilaksanakan selama 2(dua)  hari yakni Rabu - Kamis (14-15/12/2022).


Bertempat di aula pertemuan Hotel Bukit Bintang Magetan, Pembukaan UKW dengan tema Meningkatkan Profesionalisme Pers Untuk Mendukung Diseminasi Informasi Pembangunan dihadiri oleh Bupati Magetan yang pada kali ini diwakili oleh Wakil Bupati Magetan Nanik Endang Rusminiarti,  Kepala Dinas Kominfo,  Cahaya Wijaya,  Dhimam Abror Djuraid, selaku nara sumber dan perwakilan dari PT.  Aksara Solopos. 


Dalam sambutannya Cahaya Wijaya menjelaskan bahwa tujuan dari workshop dan UKW kali ini adalah untuk meningkatkan kualitas dan probabilitas wartawan,  mencetak produk-produk jurnalistik yang berkualitas dan informatif serta terbangunnya sinergitas dan kerjasama antara pemerintah dan media. 


"Total pendaftaran adalah 54 wartawan,  dinyatakan lolos administrasi sebanyak 30 wartawan dan lolos sebagai peserta sebanyak 27 wartawan," jelas Cahaya Wijaya. 


" Sumber dana kegiatan workshop dan UKW kali ini berasala dari perubahan APBD Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Magetan tahun anggaran 2022," imbuhnya. 


Sedangkan sebagai nara sumber workshop, Dhimam Abror Djuraid menjelaskan mengenai tantangan pers di era society 5.0. "Society 5.0 adalah kumpulan masyarakat yang berbasis jaringan," ungkapnya. 


Untuk itu Abror menegaskan bahwa seorang jurnalis harus mampu mengikuti perkembangan di era digitalisasi ini. Menyajikan berita yang menarik dari sudut pandang yang bagus. 


"Jurnalis dituntut untuk memenuhi standar kompetensi karena selain sebagai sarana pemberi informasi, pendidik, penghibur media juga sebagai kontrol sosial," jelas Abror.(ik)

Post a Comment

0 Comments