-->

Author Details

IBI cabang kabupaten Malang ikut menyemarakan gerakan ibu hamil sehat dan bahagia 2022 ; Hj.Endah Pujiati

Saturday, December 24, 2022, December 24, 2022 WIB Last Updated 2022-12-24T12:25:41Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 



Dalam rangka peringatan hari ibu yang ke 94 tahun 2022, berbagai daerah termasuk pemerintah kabupaten Malang diinisiasi Dp3a (22/12/2022) telah mengadakan kegiatan menyambut hari ibu dengan beberapa sesi didalam nya.


Dari pantauan awak media, ketua IBI cabang kabupaten Malang yang juga kapus kalipare Hj.Endah tampak di ponkesdes Kalirejo kecamatan kalipare bersama muspika setempat dan bidan ikut menyemarakan gerakan ibu hamil sehat bahagia, dan masih dihari yang sama IBI cabang kabupaten Malang setiap kecamatan yakni ponkesdes juga tempat bidan praktek mandiri mengadakan deklarasi ibu hamil.



Menurut Hj.Endah Pujiati saat ditemui awak media (22/12/2022) orang nomor satu di Organisasi IBI cabang kabupaten Malang ini menjelaskan " kegiatan dalam menyambut hari ibu tanggal 22 Desember 2022 IBI juga mendukung melalui TPMB (tempat praktek bidan mandiri) kementerian kesehatan mengadakan gerakan ibu hamil sehat dan bahagia yang akan di upload jam 14.02 #kemenkes".



Lebih lanjut, Hj.Endah "diantara bidan TPMB kalau wilayah kecamatan Wagir ya bidan Kartini, kecamatan Tajinan bidan Lialut, kecamatan Dampit bidan Hepy Mega dan yuhanis, kecamatan pakis bidan Nida, kecamatan ngajum bidan Santi , kecamatan Donomulyo bidan Ani dan bidan Rinanti, kecamatan Bantur bidan Denik dan Alfi Serta kecamatan Lawang ada bidan Titik ".


Selain itu, IBI cabang kabupaten Malang melalui praktek mandiri bidan yang telah ikut mendukung kegiatan gerakan ibu hamil sehat yang diselenggarakan Kemenkes dalam rangka peringatan hari ibu tahun 2022 , dengan deklarasi ibu hamil dan saya berharap "dengan telah di deklarasi ibu hamil bisa rutin periksa, makan sehat, minum tablet tambah darah sesuai yang dideklarasikan betul -betul dilaksanakan sehingga bayi -bayi yang dilahirkan sehat dan tidak stunting ".



Sedangkan isi dari deklarasi tersebut adalah "sebagai ibu hamil,saya akan; 1. Melakukan pemeriksaan kehamilan sedikitnya 6 kali selama kehamilan dan 2 kali diantaranya periksa USG oleh dokter, 2. Minum tablet tambah darah setiap hari, 

3. Mengikuti kelas ibu hamil, 

4. Makan makanan sehat dan pantau peningkatan berat badan, 

5. Melahirkan di fasilitas pelayanan kesehatan, ". Pungkas Hj.Endah Pujiati 


Keterangan dari beberapa bidan yang dihubungi awak media (24/12/2022) seperti bidan Lialut TPMB Tajinan " terkait dengan adanya gerakan bumil sehat dan bahagia,maka tempat kami melaksanakan berbagai kegiatan diantaranya konseling informasi edukasi pemeriksaan secara rutin, mengikuti kelas ibu hamil, konsumsi tablet penambah darah setiap hari, makan sesuai rekomendasi, pemantauan BB, persalinan yang bersih dan aman di fasyankes".


"Dan tepatnya 22/12/2022 kemaren, kami juga melaksanakan senam ibu hamil (pgy) merupakan bentuk senam hamil yang banyak manfaat yakni bisa menjaga dan memperbaiki sikap tubuh, melatih otot panggul dan perineum, mengurangi stres atau cemas juga meningkatkan kualitas tidur ibu".


"Pada kegiatan tersebut,ada 5 ibu hamil dengan yang sudah memenuhi syarat pgy didampingi mahasiswi praktek alih jenjang S1 kebidanan ITSK dr.soepraon Malang dan dipandu instruktur bersertifikasi pgy, dan semoga kegiatan ini bisa dilakukan terus untuk peningkatan kesehatan ibu dan bayi semuanya ".ujar Lialut 


Sedangkan dari bidan Kartini kecamatan Wagir saat dimintai keterangan terkait kegiatan tersebut (24/12/2022)" dalam kesempatan itu,kami bersama ibu -ibu PKK dan balita juga ibu kepala desa mengadakan penyuluhan tentang stunting pada anak yang mana kegiatan nya,kami laksanakan tanggal 18 Desember 2022 dan selain kegiatan tersebut, kami bekerja sama dengan dokter SpOG untuk pemeriksaan ibu hamil trimester 3 untuk deteksi faktor resiko dan rencana persalinan dilakukan tanggal 19 Desember 2022". Singkat nya (Tim)

Komentar

Tampilkan

Terkini