Review RPJM Desa dan RKP Desa , Pemdes Pendem Gelar Musdes.

 



Magetan, radarmerahputih.com - Pemerintah Desa (Pemdes) Pendem, Kecamatan Ngariboyo, Kabupaten Magetan menggelar musyawarah desa dengan agenda review RPJM desa dan RKP Desa tahun anggaran 2022, Jumat (09/12/2022).


Bertempat di balai pertemuan desa Pendem, kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Desa Pendem, pendamping desa, BPD, perwakilan masing-masing RT dan RW, perangkat desa setempat serta para undangan.


Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa merupakan dokumen perencanaan yang memuat pokok-pokok kebijakan pembangunan desa dan menuntun kearah tujuan pencapaian visi dan misi desa.


Sedangkan RPJM desa adalah rancangan Pembangunan Jangka Menengah Desa untuk 6 Tahun ke depan. RPJMDes sendiri berasal dari usulan-usulan masyarakat pada musyawarah tingkat dusun.



Musyawarah desa (Musdes) pada hari ini dilaksanakan untuk membahas adanya perubahan anggaran yang terjadi atau belum masuk ke dalam dokumen RPJM Desa maupun RKP Desa.


Salah satunya adalah mengenai keikutsertaan bumdes dari masing-masing desa se kecamatan Ngariboyo dalam permodalan awal BUMDESMA.

Dimana dana sebesar Rp.5.000.000,- ( lima juta rupiah) belum masuk di RKP Desa Pendem tahun 2023. 


Pada kesempatan yang sama,Joko selaku pendamping desa mengatakan bahwa di musdes review RPJM desa dan RKP Desa kali ini mengulas tentang adanya usulan-usulan yang belum tercantum atau masuk dalam dokumen perencanaan sehingga dilakukan umpan balik ke masing-masing dusun untuk melakukan pembahasan sehingga  usulan-usulan tersebut dapat dituangkan di tahun 2023.


Kusnanto sebagai kepala desa Pendem berharap agar apa yang sudah direncanakan untuk pembangunan desa di tahun 2023 nantinya dapat berjalan dengan lancar sehingga membawa desa Pendem menjadi lebih maju dan berkembang.


"Dan untuk prioritas pembangunan desa tahun 2023, adalah peningkatan pembangunan atau perbaikan embung yang menjadi salah satu destinasi wisata dan icon dari desa Pendem," jelas Kusnanto menjawab pertanyaan tentang prioritas pembangunan desa.


Diharapkan dengan adanya perbaikan ataupun pembangunan infrastruktur jalan dan ruko di sekitar area embung dapat meningkatkan perekonomian sehingga akan berdampak bagi kesejahteraan masyarakat desa Pendem. 




( Ik ) .

Post a Comment

0 Comments