Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Aparatur Desa/Kelurahan Dalam Menyongsong Pesta Demokrasi.

 



Magetan, radarmerahputih.com - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Magetan menggelar Sosialisasi Pendidikan Politik bagi Aparatur Desa/Kelurahan dengan tema "Gerakan Terpadu Desa/Kelurahan Sadar Dalam Pengawasan Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024", Sabtu (10/12/2022).


Acara yang digelar di Aula Hotel Bukit Bintang Magetan ini dihadiri oleh Wakil Bupati Magetan Nanik Endang Rusminiarti, Kepala Bakesbangpol Magetan Chanif Tri Wahyudi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Magetan Eko Muryanto,Ketua Bawaslu Magetan Hendrad Subyakto, Aparatur Desa/Kelurahan se-Kabupaten Magetan, dan juga seluruh tamu undangan yang hadir.


Sosialisasi kali ini dilaksanakan dalam rangka menyambut pesta demokrasi yaitu pemilihan umum (pemilu) dan pemilihan kepala daerah (pilkada) yang serentak akan diadakan pada tahun 2024 nanti.


Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini dapat memotivasi masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam menyukseskan pemilu. Selain itu juga dapat menghindari konflik sosial dan konflik kepentingan serta memastikan program pemerintah dapat berjalan dengan lancar.


Dalam sambutannya, Kepala Bakesbangpol Magetan, Chanif Tri Wahyudi menjelaskan, bahwa Aparatur Sipil Negara (ASN) memiliki asas netralitas sesuai  aturan  Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014.


"Setiap pegawai ASN tidak berpihak dari segala bentuk pengaruh mana pun dan tidak memihak kepentingan siapapun," ujarnya.


Lebih lanjut dijelaskan oleh narasumber bahwa aparatur desa/ kelurahan memiliki peran yang signifikan dalam membantu berjalannya program pemerintah.


Azas netralitas merupakan hal yang perlu terus dijaga dan diawasi, agar event Pemilu/Pemilihan dapat berjalan secara jujur dan adil. 

( Ika ) 

Post a Comment

0 Comments