Wujudkan Aspirasi Guru dan Siswa , Adi Prayitno Saksikan Sertijab Puluhan Kepala Sekolah di Lingkup Cabang Dinas Pendidikan Nganjuk, Bojonegoro dan Tuban .

 




Bojonegoro , radarmerahputih.com  Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur wilayah Tuban  Bojonegoro dan Nganjuk ,Adi Prayitno  menyaksikan serah terima jabatan ( Sertijab ) puluhan  kepala sekolah di wilayah Bojonegoro , Tuhan dan Nganjuk  ,di SMA Negeri 3 Bojonegoro , Senin (5/11/2022).


Adi Prayitno  melalui selulernya menyampaikan, jabatan  beberapa  kepala sekolah ini  ada sebagian  merupakan jabatan baru  juga ada pergeseran di era kepemimpinanya.


“Iya ini ada yang  baru juga ada yang lama ( pergeseran ),dan fungsinya supaya nanti para siswa lebih juga wali siswa lebih mudah saat mengurus sesuatu di sekolahnya , karena sudah ada kepala sekolah ," Ucap Adi .


Kemudian, khusus untuk para kepala sekolah yang baru dilantik, Adi juga meminta, agar para kepala sekolah tersebut dapat menjadi manager yang baik di sekolahnya.


“Bapak ibu kepsek saya titip, karena bapak/ibu manager, saya berharap jaga kekompakan jaga kebersamaan. Jangan saling melapor ini itu, kalau ada masalah, musyawarahkan, jangan sampai sekolah tercederai,” pesannya. 


Pengisian ataupun pergantian kepala sekolah sungguh sangat dinantikan , karena ada beberapa sekolah yang kosong jabatan Kepala Sekolahnya , ada yang baru karena kepala sekolah sudah pensiun , ada juga kosong dan diisi Plt  bahkan hingga 4 tahun . 


Masih menurut Adi bahwa  Kekosongan Kepala Sekolah ini terjadi karena memang saat itu belum ada guru yang mempunyai sertifikat Calon Kepala Sekolah dari LP2KS, sebuah Lembaga yang bertanggungjawab melatih dan mendidik guru untuk siap menjadi kepala sekolah. Diharapkan, dengan pelaksanaan sertijab  pada hari ini, sekolah-sekolah yang tadinya tanpa kepala sekolah menjadi lebih efektif dan berprestasi lebih baik lagi.



Adi Prayitno, S.Pd., M.M. sebagai Kepala Cabang Dinas Pendidikan di wilayah kerja Bojonegoro, Tuban dan Nganjuk, dalam sambutannya menyampaikan bahwa hal yang membanggakan dari cabang dinas yang dipimpinnya adalah bahwa wilayah Bojonegoro dan Tuban dengan 34 sekolah yang kosong kepala sekolahnya masih mampu meraih prestasi yakni menjadi cabang dinas dengan prestasi terbanyak di ajang GCC (Guru Creative Camp) tahun 2022 se-Jawa Timur yang baru usai di bulan November lalu. Kepala Sekolah baru, lanjut Ayah dengan putri satu ini, diharapkan dapat ngangsu kawruh kepada Kepala Sekolah yang lebih berpengalaman dalam forum Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) sehingga dapat semakin profesional.


Dirinya juga menjelaskan tentang pentingnya beradaptasi terhadap lingkungan kerja baru dengan tetap menjaga adab serta karakter yang baik yakni karakter Pancasila. Ibaratnya: di mana bumi dipijak, disitu langit dijunjung. Dengan demikian, Kepala Sekolah dapat menjadi teladan bagi warga yang dipimpinnya. Kepala Sekolah, lanjutnya, sebagai nahkoda dalam satuan pendidikan terkecil yakni sekolah harus sehat jasmani rohani untuk bisa mencerdaskan kehidupan bangsa selain mempunyai kompetensi akademik, berkarakter dan ketrampilan." Ungkap Adi .



" Kepala Sekolah juga harus selalu ada saat anak buah membutuhkannya baik secara fisik sehingga bisa efektif manajemen pembelajaran maupun pengelolaan di sekolah. Kepala Sekolah juga harus mempunyai kecukupan ilmu sehingga saat anak buah bertanya, Kepala Sekolah tidak gamang dalam menjawab pertanyaan atau memberi masukan." Jelas Adi 



Sebagai bahan informasi , ada tiga kepala sekolah SMAN dan SMKN yang mengikuti sertijab dari wilayah Bojonegoro – Tuban

Dari wilayah Nganjuk, selamat kepada:

Drs. Bowo, M.Pd. sebagai Kepala Sekolah SMAN Tanjung Anom, Nganjuk

Eko Cahyono, S.Pd., M.E. sebagai Kepala Sekolah SMAN Ngronggot, Nganjuk dan 

Edy Suyono, S.Pd., M.Pd. sebagai Kepala Sekolah SMKN 2 Bagor, Nganjuk


( Redks / sw ) .

Post a Comment

0 Comments