-->

Author Details

Anggota Komisi III DPR RI menghadiri apel sinergitas dalam rangka pengamanan malam tahun baru di halaman Mapolres Tulungagung

Sunday, January 1, 2023, January 01, 2023 WIB Last Updated 2023-01-01T10:08:57Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 



TULUNGAGUNG - Dalam rangka pengamanan pada malam Tahun Baru 2023 diwilayahnya, Tiga Pilar Kabupaten Tulungagung menggelar Apel bersama Toga dan Tomas, di depan halaman Mapolres  setempat. Sabtu (31/12/2022).       


Dalam alam amanatnya Kapolres Tulungagung AKBP Eko Hartanto menyampaikan, apel pengamanan ini dilaksanakan bertujuan untuk mengecek kesiapan sarana dan prasarana, kekuatan personil Polres Tulungagung bersama Tiga Pilar, instansi terkait, dan elemen masyarakat guna mengantisipasi segala bentuk kerawanan Kamtibmas dan menjaga stabilitas serta kondusifitas masyarakat Tulungagung agar pelaksanaan pengamanan malam tahun Baru 2023 dapat berjalan secara aman, tertib dan lancar. 


 "Dalam pengamanan malam tahun baru ini, personil gabungan akan melaksanakan pengamanan di simpul - simpul jalan, pusat keramaian masyarakat dan melakukan patroli gabungan dalam skala besar," ucap Kapolres.   


Ditambahkannya, pengamanan ini tidak boleh dianggap sebagai agenda rutin tahunan saja, sehingga menjadikan cenderung under estimate dan kurang waspada terhadap dinamika perkembangan masyarakat, apalagi di masa pandemi covid saat ini tentunya harus lebih peduli.   


"Jangan sampai kegiatan perayaan Natal dan tahun Baru ini menimbulkan kluster penyebaran covid - 19," tambahnya.  



Kapolres menerangkan, berdasarkan mapping kerawanan bahwa pada malam tahun baru harus mewaspadai adanya potensi kerawanan, kerumunan, dan kemacetan di jalan raya maupun di lokasi - lokasi perayaan tahun baru, kerawanan konflik antar kelompok yang bisa terjadi berawal dari kegiatan berkumpul dengan minum miras sehingga mengarah terjadinya aksi tawuran. Selain itu yang perlu diwaspadai antara lainnya, lonjakan kasus covid yang dipicu dari kerumunan masyarakat yang tak mengindahkan protokol kesehatan, kerawanan kriminalitas seperti curat, curas dan curanmor, aksi teror yang bisa terjadi di tempat keramaian seperti tempat wisata atau hiburan, konvoi dan balap liar serta kerawanan bencana alam.   " Untuk kami menghimbau dan berpesan kepada warga masyarakat agar mengisi malam pergantian tahun dengan hal - hal yang positif seperti renungan, doa bersama, atau berkumpul bersama keluarga dirumah," tambahnya.      



Selain itu, Kapolres juga menyampaikan, bahwa pada 30 Desember 2022 Pemerintah telah resmi  telah mencabut status PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) di seluruh Indonesia atas dasar data kasus covid - 19 sudah cenderung mengalami penurunan dan pencabutan PPKM tersebut tentunya akan berdampak pada pemulihan ekonomi masyarakat yang semakin meningkat terutama pada perayaan libur Natal dan Tahun Baru. Namun demikian pihaknya tetap menghimbau kepada masyarakat agar tetap waspada terhadap perkembangan covid.   


Selanjutnya Kapolres juga menyampaikan beberapa hal penekanan terkait pelaksanaan tugas kepada seluruh personil diantaranya adalah agar melaksanakan tugas dengan penuh keikhlasan, bersungguh - sungguh dan penuh tanggung jawab karena ini merupakan bagian dari ibadah.  


"Laksanakan tugas dilapangan sesuai SOP dengan mengedepankan tindakan yang humanis namun tetap tegas terhadap pelanggaran," tegasnya.  


Bukan itu saja, Kapolres menekankan kepada personil agar melakukan deteksi dini dengan memetakan titik - titik kerawanan secara tepat dan mengoptimalkan penggalangan untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat dengan memantapkan sinergitas dan soliditas dengan tiga pilar demi keberhasilan pengamanan.  



"Tak lupa kepada paguyuban pencak silat agar selalu menjaga silaturahmi yang baik demi terwujudnya kerukunan antar pesilat sehingga tercipta hubungan yang harmonis dan guyub rukun guna mewujudkan Kamtibmas di Tulungagung agar selalu aman dan kondusif," tandasnya.   


Sementara itu, dalam kesempatan tersebut Arteria Dahlan anggota Komisi III DPR RI yang hadir dalam apel bersama tersebut menyampaikan apresiasinya kepada Kapolres, Bupati dan Dandim serta peserta apel lainnya. Yang mana apel bersama tersebut merupakan bukti terjalinnya sinergitas yang sangat baik antara Tiga Pilar dan semua Elemen masyarakat dalam menjaga kondusifitas suatu daerah.   "Kami berikan apresiasi yang setinggi - tingginya kepada seluruh personel yang dilibatkan dalam pengamanan ini , semoga apa yang kalian lakukan dibalas dibalas dengan kebaikan oleh Allah SWT, terima kasih dan selamat menjalankan tugas," ucap Arteria Dahlan.


Dalam apel bersama yang  dihadiri oleh , Arteria Dahlan anggota Komisi III DPR RI, Bupati Tulungagung  Maryoto Birowo, Wabup Gatut Sunu Wibowo, Dandim 0807 Letkol Czi Nooris Agus Rinanto dan PJU Polres Tulungagung diikuti oleh ratusan  personel gabungan dari Polri, TNI, Satpol PP, Dishub, Paguyuban Pencak Silat dan Organisasi kemasyarakatan lain .

( Humas / rdks ) .

Komentar

Tampilkan

Terkini