Kapolres Tanggamus Pimpin Jumat Curhat di Gisting

 


Tanggamus Radarmerahputih .com - Polres Tanggamus kembali gelar Jumat Curhat sebagai upaya mendengar keluhan, kritik dan saran secara langsung dipimpin langsung oleh Kapolres Tanggamus AKBP Siswara Hadi Chandra, S.I.K., Jumat 27 Januari 2023.


Dalam kegiatan yang dipusatkan di kediaman Kepala Pekon (Kakon) Gisting Atas, Sunardi. Kapolres Tanggamus juga didampingi Kasat Binmas Iptu Iman Sobri, S.H dan Kapolsek Talang Padang, Iptu Bambang Sugiono, S.H.


Kasi Humas Polres Tanggamus, Iptu M. Yusuf, S.H mengungkapkan, Jumat Curhat yang dipimpin langsung Kapolres Tanggamus tersebut dihadiri sejumlah personel Polsek Talang Padang, Banbinsa, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh pemuda kecamatan gisting.


“Hasil jumat tadi, diterima adanya keluhan masih adanya balap liar di jalan gisting, sering terjadi curanmor, pembuatan SIM tidak bisa lagi kolektif dan masalah plat nomor kendaraan yang lama di cetak serta minuman keras,” kata Iptu M. Yusuf usai kegiatan.


Iptu M. Yusuf menjelaskan, sejumlah keluhan tersebut akan ditangani oleh Polres Tanggamus diantaranya balap liar, melalui peningkatan patroli juga melalui Bhabinkamtibmas agar para orang tua menyarankan agar membina anaknya sehingga tidak melakukan balap liar.


Kemudian, terhadap keluhan aksi Curanmor, Kapolres juga berharap dukungan masyarakat agar meningkatkan atau mengaktifkan kembali Siskamling, juga didukung peningkatan patroli gabungan.


Selanjutnya, untuk penerbitan SIM memang tidak lagi melayani kolektif sehingga pemohon agar langsung ke Satpas SIM dapat menanyakan prosedur pembuatan SIM serta syarat yang telah ditetapkan.


Lalu, untuk plat nomor kendaraan memang sudah beberapa tahun ini, pencetakan plat tersendat di karena sistim pembuatannya dengan menggunakan anggaran besar sehingga harus dilelang dengan pihak ketiga dan terkadang tahap lelang mengalami kendala sehingga terjadi keterlambatan pencetakannya.


“Terakhir untuk permasalahan miras, Kapolres meminta Kapolsek mendatakan siapa yang mengadakan juga distributornya, dan kepada para tokoh masyarakat juga melaporkan kepada Bhabinkamtibmas di wilayah binaannya,” jelasnya.


Kasi Humas mengungkapkan, Jum'at Curhat dilaksanakan sebagai program kepolisian untuk lebih mendekatkan diri kepada masyarakat.


“Melalui jumat curhat tentunya dapat mengetahui keluh kesah dan aspirasi masyarakat guna menjaga dan memelihara Kamtibmas di wilayah hukum Polres Tanggamus khususnya,” ungkapnya.


Ditambahkannya, selain Kapolres Tanggamus yang terjun langsung dalam jumat curhat, Polsek jajaran yang juga dipimpin Kapolsek masing-masing juga melakukan kegiatan serupa.


“Jadi program ini juga dilaksanakan oleh Kapolsek jajaran dengan tujuan yang sama terciptanya Kamtibmas yang aman dan kondusif,” tandasnya. 


( Husni Munir )

Post a Comment

0 Comments