Kapolsek Pulau Panggung Gotong Royong Bersama Warga Sebelum Jumat Curhat

 


Tanggamus Radarmerahputih.com Bersamaan dengan program Jumat Curhat, Kapolsek Pulau Panggung Polres Tanggamus, Polda Lampung, AKP Musakir, S.H mengisi kegiatan tersebut dengan bergotong royong bersama warga di Pekon Talang Jawa, Jumat 27 Januari 2023.


Pantauan di lokasi gotong royong tersebut, masyarakat dan polisi tampak bahu membahu bekerja bersama Tampak juga kedekatan antara mereka.


AKP Musakir mengatakan, pihaknya mengikuti jadwal warga, sebab sebelum melaksanakan Jumat Curhat, warga pekon talang jawa mengajak bersama-sama untuk gotong royong membersihkan pinggir jalan utama dan selokan.


“Kegiatan hari ini, kami mulai dengan gotong royong  bersama untuk membersihkan selokan dilanjutkan dengan duduk bersama sambil minum kopi dan menyampaikan, masukan keluhan dan informasi,” kata AKP Musakir mewakili Kapolres Tanggamus Polda Lampung AKBP Siswara Hadi Chandra, S.I.K.


Kapolsek menjelaskan, dalam kegiatan itu juga diterima informasi dan keluhan dari warga bernama Jamhari yang menanyakan tentang posisi saksi nikah dibawah umur apakah diperbolehkan.


Terkait itu, langsung diberikan jawaban bahwa syarat utama seseorang menikah adalah sudah dewasa menurut hukum pemerintah dan hukum agama sehingga agar tidak terlibat dalam hal menikahkan atau menjadi saksi menikah dibawah umur.


Warga lainnya, menyampaikan keluhan masyarakat, terjadinya pencurian kecil kecilan atau pencurian ringan di kebun yang jauh dari rumah seperti pencurian cabai maupun buah-buahan.


Terkait adanya pencurian ringan, agar tetap memberikan informasi kepada Bhabinkamtibmas untuk ditindak lanjuti untuk dicarikan solusi permasalahan agar tidak menjadi aksi pembenaran dan tetap menimbulkan efek jera.


“Terkait pencurian, kami juga tetap menghimbau agar tidak melakukan aksi main hakim sendiri sehingga tidak menimbulkan dampak yang tidak diinginkan,” jelasnya.


Ditempat sama, Camat Pulau Panggung, Mansyurin juga menyampaikan informasi tentang adanya pelayanan sidang isbat nikah di KUA kecamatan Pulau Panggung juga PTSL.


“Kami selaku camat pulau panggung telah menyampaikan terkait sidang isbat untuk mempermudah pelayanan masyarakat terkait legalitas pernikahan, selain itu menyampaikan program PTSL di pekon Talang Jawa,” kata Mansyurin.


Sementara itu, Kakon Talang Jawa, Feri Elfison mengucapkan terima kasih atas jumat curhat dan menyampaikan bahwa pekon talang Jawa saat ini sudah aktif melaksanakan siskamling.


“Kami mengucapkan terima kasih atas jumat curhat Polsek Pulau Panggung yang juga dihadiri Camat. Alhamdulillah pekon kami sudah aktif Siskamling. Hingga saat ini pekon kami alhamdulillah aman dan kondusif,” ucapnya.


Ditambahkannya, melalui kegiatan gotong royong dan jumat curhat tersebut, diharapkan polisi dengan masyarakat semakin terjalin dengan baik.


“Harapan kita bersama, dapat terjalinnya kebersamaan dan kedekatan masyarakat pekon talang jawa dan polsek pulau pangggung,” tandasnya. 

.

( Husni Munir )

Post a Comment

0 Comments