Buka Aplikasi " Mergawe " Kurangi Pengangguran , Kang Marhaen Resmi Buka Job Fair dan Edu Fair 2023,

 

      ( Plt Bupati Nganjuk , saat buka job fair dan Edu  Fair 2023 ) 


Nganjuk,radarmerahputih.com - Pemerintah Kabupaten Nganjuk melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Nganjuk menggelar Job Fair dan Edu Fair Expo 2023 yang berlangsung selama dua hari yakni 14 hingga 15 Februari 2023 di GOR Bung Karno. 


Tentu ini menjadi kabar gembira bagi para pencaker (pencari kerja) di Kota Bayu dalam meniti karir dan masa depannya. Dimulainya kegiatan Job Fair dan Edu Fair itu ditandai oleh pemukulan gong oleh Plt Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi, Selasa(14/2/2023).


Dihadapan pencaker, pelajar SMA/SMK/MA dan peserta Job Fair dan Edu Fair 2023, Kang Marhaen menyampaikan bahwa diadakannya kegiatan tersebut adalah dalam rangka mengurangi pengangguran terbuka sekaligus mengurangi kemiskinan di Kabupaten Nganjuk.



"Ini dalam rangka mengurangi betul angka pengangguran terbuka di Kabupaten Nganjuk akibat pandemi covid 19," tuturnya.


Kang Marhaen juga menginformasikan kepada seluruh masyarakat Nganjuk bahwa Kabupaten Nganjuk sudah memiliki aplikasi 'Mergawe'. Dikatakan Kang Marhaen bahwa melalui aplikasi " Mergawe "para pencari kerja dapat lebih mudah untuk mengetahui berbagai lowongan pekerjaan yang tersedia di berbagai perusahaan di Kabupaten Nganjuk.


"Kita punya yang namanya aplikasi Mergawe silahkan klik aplikasi Mergawe untuk mencari informasi lowongan pekerjaan di Kabupaten Nganjuk. Ini adalah bentuk keseriusan kami dalam mengurangi pengangguran terbuka di Nganjuk," seru Kang Marhaen.


Selain Job Fair yang diperuntukkan kepada pencaker, ada juga Edu Fair bagi para siswa siswi kelas XII yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Perguruan Tinggi. "Ada juga Edu Fair untuk anak-anak yang lulus SMA/SMK/MA yang ingin kuliah, banyak sekali informasi yang diberikan oleh Pemda untuk melanjutkan pendidikan lebih tinggi. Silakan dipilih sesuai dengan kemampuannya," ucapnya.


Dengan dibukanya  Job Fair dan Edu Fair 2023 ini Kang Marhaen berharap agar Sumber Daya Manusia (SDM) Kabupaten Nganjuk dapat berkualitas dimulai dari pendidikannya.


Dalam sambutanya Kang Marhaen "Maka kita siapkan SDM Nganjuk agar berkualitas. Untuk berkualitas dimulai dari pendidikannya. Saya berharap Nganjuk orang-orangnya betul-betul berkualitas," harap Kang Marhaen.


Sementara itu, Supiyanto Kepala Disnaker Kabupaten Nganjuk mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta, perusahaan, perguruan tinggi dan segenap tamu undangan yang telah ikut berpartisipasi dalam gelaran Job Fair dan Edu Fair tahun 2023 ini.

        ( Supiynto kepala Diisnaker Nganjuk


Selanjutnya pria yang akrab disapa Pak Pi itu dalam laporannya menyampaikan, bahwa acara Job Fair diikuti oleh 42 pemberi kerja, baik dalam maupun luar Kabupaten Nganjuk, termasuk ke luar negeri. Jumlah lowongan pekerjaan sebanyak 1.874 lowongan dengan berbagai posisi diantaranya operator produksi, marketing, electrical, supervisor, QC (Quality Control) dan lain-lain. Sedangkan peserta Edu Fair diikuti oleh 8 Perguruan Tinggi.


Supiyanto juga menginformasikan bahwa capaian Disnaker Kabupaten Nganjuk terkait penempatan kerja tahun 2021 prosentase tingkat pengangguran terbuka sebesar 4,90 persen menurun menjadi 4,74 persen di tahun 2022. "Hal ini menunjukkan bahwa ada kenaikan penduduk yang sudah bekerja di tahun 2022," tuturnya.


Seusai berakhirnya acara itu Supiyanto meminta kepada peserta yakni penyedia kerja/ perusahaan untuk melaporkan hasil rekruitmennya ke Disnaker dan juga Cabdisdik (Cabang Dinas Pendidikan) Jawa Timur wilayah Kabupaten Nganjuk. "Kami mohon kerjasamanya untuk menyampaikan ke Dinas kami atau cabdisdik hasil rekrutmen Job Fair maupun Edu Fair setelah acara ini terselesaikan", pesan Supiyanto.


Sebagai informasi kegiatan tersebut dihadiri pula oleh Disnaker Kediri, Disnaker Tulungagung, Disnaker Madiun, serta Disnaker Bojonegoro.

(Rdks ) . 

Post a Comment

0 Comments