Dukung Generasi Muda Melestarikan Budaya Lokal, Bupati Magetan Suprawoto Hadiri Gebyar Kesenian SMAN 1 Parang

 


  ( Bupati suprawoto bersama putra putri pentas seni) 



Magetan, radarmerahputih.com - Kesenian lokal yang menjadi warisan budaya leluhur bangsa Indonesia adalah harta yang perlu terus dijaga, dilestarikan dan dikembangkan.


Seperti halnya kegiatan Gebyar Kesenian Drama Bahasa Jawa yang digelar oleh SMAN 1 Parang di halaman Pasar Parang, Kecamatan Parang, Kabupaten Magetan yang digelar pada hari ini, Minggu (26/02/2023) merupakan salah satu cara menggiatkan kembali generasi muda bangsa untuk mencintai seni tradisional.


Dukungan pun datang dari Bupati Magetan Suprawoto yang hadir memberikan semangat kepada para siswa siswi SMAN 1 Parang. Suprawoto mengapresiasi pentas seni hari ini karena dapat menumbuhkan generasi muda yang cinta budaya.


"Sekarang ini anak-anak muda seperti tercabut dari akar budaya kita, untuk itulah menjadi kewajiban kita untuk membina agar generasi muda bangsa tidak tercabut dari akar budaya bangsa," ungkap Bupati Magetan.


Untuk itulah Suprawoto sangat mengapresiasi kegiatan ini dan sangat terharu ketika melihat penampilan siswa siswi SMAN 1 Parang.

"Jujur saya tadi terharu hingga menitikkan air mata melihat para muda mudi ini menampilkan drama bahasa Jawa," katanya.


Diharapkan ke depannya sekolah-sekolah yang ada di kabupaten Magetan juga mengembangkan kegiatan seni semacam ini dan bisa ditampilkan di gedung kesenian Kabupaten Magetan.


Di kesempatan yang sama Kepala Sekolah SMAN 1 Parang, Agus Prasmono yang sekaligus seorang penulis dalam Bahasa Jawa mengatakan bahwa kegiatan kali ini adalah murni dari ide siswa siswi. "Mulai dari ide, pakaian buat pentas dan segala sesuatunya murni anak-anak yang lakukan sendiri," ungkap Agus Prasmono.


"Saya bangga karena anak-anak didik SMAN 1 Parang ini memiliki ketertarikan di bidang seni, yang akan membuat warisan seni leluhur bangsa Indonesia tetap terjaga keberadaan dan kelestariannya," tutup Kepala Sekolah SMAN 1 Parang. (ik)

Post a Comment

0 Comments