Kang Marhaen Dukung & Apresiasi Penggunaan Teknologi Pada Sektor Pertanian Penggunaan Slat Drone untuk penyemprotan Pupuk Cair Pada Lahan Pertanian

 


Nganjuk ,radarmerahputih.com - Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi menyambut baik dan mengapresiasi penggunaan teknologi dalam sektor pertanian. Yakni penggunaan alat drone untuk penyemprotan pupuk cair pada lahan pertanian. Ini disampaikan Plt Bupati Nganjuk saat menghadiri Kunjungan Lapangan Anggota DPR RI Komisi IV Mindo Sianipar, di Desa Kenep Kecamatan Loceret, Sabtu (4/2/2023).


Kunjungan lapang dalam rangka serap aspirasi masyarakat dan demo (proses percontohan) mekanisme pertanian penggunaan drone untuk pemupukan dan pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) bersama para petani Desa Kenep berjalan lancar.


Dalam sambutanya orang nomor satu di kota Bayu ini menyampaikan “Uji coba aplikasi drone sebagai media penyiram tanaman hari ini berjalan lancar. Inovasi teknologi drone, yaitu bagaimana kita memupuk tanaman menggunakan drone. Saya melihat sendiri tadi yang namanya komposisi air, disitu ada 20 liter dengan 5 tutup botol pupuk dan itu bisa untuk memupuk puluhan lahan pertanian” ucapnya.


Kang Marhaen menyebut penggunaan teknologi drone dapat memudahkan para petani. Mudah untuk membantu penyemprotan dan mengetahui jumlah lahan yang terkena semprot. “ini bagus sekali, sehingga dengan aplikasi ini bisa terlihat daerah mana saja yang sudah disemprot maupun belum,” lanjut Kang Marhaen.


 Kang Marhaen menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Mindo Sianipar yang telah mengenalkan inovasi baru kepada para petani di Kabupaten Nganjuk. “Ini Menarik sekali, saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Bang (sapaan akrab) Mindo di Komisi IV DPR RI dalam rangka meningkatkan kesejahteraan petani di Kabupaten Nganjuk,” ucapnya .



Pantauan dilokasi ,  dalam kunjungan kerja anggota DPR RI, Mindo Sianipar tersebut juga turut dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Nganjuk Tatit Heru Tjahjono, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Nganjuk, Muslim Harsoyo. Hadir juga Forpimcam Kecamatan Loceret, Kepala Desa Kenep, dan Para Petani Desa Kenep.


Usai melaksanakan kunjungan kerja /  lapangan di Desa Kenep Kecamatan Loceret, kunjungan kerja / lapangan tersebut juga dilaksanakan di dua titik lainnya ,  di Desa Teken Kecamatan Loceret dan Desa Malangsari di Kecamatan Tanjunganom.


Selain itu dalam sambutanya Anggota DPR RI Komisi IV Mindo Sianipar menyampaikan , penggunaan pupuk cair dan teknologi ini (drone), menurutnya, dapat menjadi jawaban untuk mengatasi permasalahan efisiensi pupuk, di saat mahal serta sulitnya pupuk untuk ditemui dan pengurangan cost biaya petani " jelas Mindo . 


Diakhir sambutanya, Mindo Sianipar juga menjelaskan bahwa,"  Penggunaan drone juga dapat memudahkan para petani untuk membantu penyemprotan pupuk cair,” pungkasnya 

( Kmnf/ rdks ) .

Post a Comment

0 Comments