Pasca Tanah Longsor, Polres Magetan Bersama Warga Kerja Bakti Bersihkan Material Longsor

 



Magetan, radarmerahputih.com - Cuaca ekstrim, hujan lebat yang berlangsung selama beberapa hari berturut turut menguyur Kabupaten Magetan, sebabkan tanah longsor pada Talut dan rumah bekas kandang bagian belakang milik warga roboh, terjadi dilingkungan Perang kampak Kelurahan Alastuwo Kecamatan Poncol, Magetan,


Rumah milik Sdr Sarni (56) tersebut longsor akibat tidak kuat menahan resapan air yang banyak akibat curah hujan yang tinggi sehingga tanah menjadi labil dan longsor, pukul 02.00 wib, dini hari dan menimpa rumah bangunan milik tetangga.


Hari ini TNI-Polri bersinergi dengan petugas BPBD, Perangkat dan masyarakat bergotong royong melaksanakan kerja bakti pembersihan dan evakuasi rumah roboh akibat Talut  longsor tersebut, Senin(13/2)


",Alhamdulillah, Pemilik rumah selamat tidak ada korban jiwa, Karena pada saat kejadian pemilik rumah sedang berada di rumah bagian depan," kata Kapolsek Poncol AKP. Sukarno


Kita turun kan beberapa personil dari Polri untuk bersinergi dengan BPBD, Perangkat desa dan warga membersihkan material berupa tanah dan bangunan bekas kandang yang roboh . 

Kegiatan dapat berjalan lancar dan aman hingga selesai. 


Dikesempatan terpisah Kapolres Magetan AKBP. Muhammad Ridwan, membenarkan adanya bangunan Talut dan rumah roboh akibat cuaca ekstrim, dan telah memerintahkan Kapolsek jajaran untuk memetakan daerahnya terdampak cuaca ekstrim.


",Benar telah terjadi adanya tanah longsor dan bangunan roboh akibat terdampak cuaca ekstrim, kami perintahkan Kapolsek untuk membantu upaya pembersihan dan evakuasi", ungkap Ridwan 


Masyarakat diimbau agar tetap waspada, dan berhati-hari terhadap dampak potensi cuaca ekstrem.  


",Saat ini cuaca ekstrim, dimungkinkan hujan masih akan turun hingga beberapa hari kedepan. Saya minta warga untuk lebih hati hati dan meningkatkan kewaspadaan," lanjut Muhammad Ridwan.


Kapolres juga meminta untuk terus memantau perkembangan situasi, baik situasi kemungkinan terjadinya longsor susulan, maupun kondisi buruk lainnya


” Iya, saya sudah minta kepada Kapolsek memonitor perkembangan situasinya, jika terjadi sesuatu agar segera dilaporkan untuk di tindak lanjuti,” pungkasnya.

(hms/ik)

Post a Comment

0 Comments