Peduli ODGJ , Keluaran Kauman Sigap Antarkan Warganya Ke RSJ Menur Surabaya

 



Nganjuk, radarmerahputih.com - Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) merupakan kondisi yang kompleks, sehingga memerlukan penanganan yang tepat. Perspektif bahwa ODGJ  adalah “orang gila” harus dihilangkan, isolasi dan perilaku lainnya seperti pemasungan dan penelantaran turut memperburuk kondisi ODGJ.


Untuk mewujudkan derajat kesehatan jiwa yang optimal bagi individu, keluarga dan masyarakat, perlu dilakukan upaya kesehatan jiwa secara menyeluruh, terpadu dan berkesinambungan oleh Pemerintah, Pemerintah Daerah, dan masyarakat.




Peduli dengan salah satu warganya, pihak Kelurahan Kauman, Rt 06 Rw 04, bersama 3 pilar yaitu Lurah Kauman, Bhabinkamtibmas, serta Babinsa mengantarkan A S yang merupakan warganya yang menderita ODGJ untuk diantar ke RSJ Menur Surabaya untuk memperoleh perawatan lebih lanjut, Jumat (3/2/2022).


Sebelumnya pihak Kelurahan Kauman mendapat laporan dari masyarakat, bahwa salah satu warga dari Kelurahan Kauman mengalami gangguan jiwa karena sering mengamuk dan meresahkan warga.




Maka dari itu, pihak kelurahan berinisiatif untuk mengobatkan A S di RSJ Menur Surabaya dengan prsetujuan keluarga.


“Saya mendapat laporan bahwa ada salah satu warga Kelurahan Kauman yang mengamuk dan meresahkan warga, saya dimohon untuk mengantarkan salah satu warga yang mengalami gangguan jiwa tersebut untuk berobat ke RSJ Menur Surabaya,” ujar Lurah Kauman, Agung Efendi.




Penjemputan A S dari pihak Kelurahan Kauman, Rt 06 Rw 04, bersama 3 pilar yaitu Lurah Kauman, Bhabinkamtibmas serta Babinsa


Agung Efendi sebagai Lurah Kauman menjelaskan bahwa tindakan yang dilakukan tersebut merupakan upaya untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, apabila yang bersangkutan mengamuk lagi.


“Saya berharap setelah kita antar berobat ke RSJ Menur Surabaya, Saudara A S bisa mendapatkan perawatan, sembuh dan bisa menjalani kehidupan normal kembali dengan baik,” harap Agung Efendi.


Lebih lanjut, pihak Bhabinkamtbmas Kelurahan Kauman juga berharap peran aktif warga untuk memberitahu atau menginformasikan ke pihak Bhabinkamtibmas tentang ODGJ yang masih ada di Kelurahan Kauman yang menganggu ketentraman warga.


“Peran serta warga masyarakat untuk menjaga ketertiban dan ketentraman wilayah masing-masing sangat membantu kita dalam mengatasi permasalahan Kamtibmas disekitar kita,” ungkapnya. ( Komfn/ rdks ) .


Post a Comment

0 Comments