Pesan Jokowi ke Danpaspampres Mayjen Rafael: Tegas Tapi Humanis

 



Jakarta - Mayjen Rafael Granada Baay kini resmi menjabat Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres). Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengungkapkan pesan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada Mayjen Rafael agar Paspampres bersikap tegas namun tetap humanis.


"Tentunya yang dipesankan beliau (Presiden Jokowi) tadi harus dapat melaksanakan tugas dengan baik, ya bahwa tugasnya dia sangat melekat dengan pengamanan presiden dan keamanan presiden dan juga kepala negara dan walaupun dilaksanakan dengan tegas tapi juga harus humanis," kata Panglima TNI Yudo Margono selepas memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) Danpaspampres di Mako Paspampres, Jakarta Pusat, Senin (27/2/2023).


Menurut Yudo, Jokowi selalu menyampaikan kepada prajurit TNI untuk dapat melaksanakan tugas dengan tegas, tapi humanis. Yudo menuturkan hal tersebut juga telah dijabarkan pada tugas pokok TNI.


"Di mana saatnya kita harus humanis, saya kira sudah kita jabarkan di dalam penugasan sesuai dengan tupoksi TNI. Saya kira kalau Paspampres tugas pokok di Paspampres yang juga tak lepas dari tugas pokok TNI," ucap Yudo.


Mantan Kepala Staf TNI AL (KSAL) itu meyakini Mayjen Rafael Granada merupakan sosok yang tepat sebagai Danpaspampres. Mayjen Rafael, menurut dia, dapat melaksanakan tugas dengan baik.


"Beliau (Mayjen Rafael) sudah lama juga di Bais (TNI). Saya kira tugas-tugas tentang pengamanan presiden saya yakin beliau sudah paham, dan tadi harapan saya dapat melanjutkan apa yang telah dirintis Marsda Wahyu dengan baik," ujar Yudo.


Dalam kesempatan yang sama, Mayjen Rafael menyampaikan terima kasih kepada Jokowi yang mempercayakan posisi tersebut kepadanya. Rafael siap melaksanakan tugas yang terbaik sesuai dengan tugas pokoknya sebagai Danpaspampres.


"Mengamankan VVIP presiden beserta keluarga, wapres beserta keluarga, dan mantan-mantan presiden dan beserta kepala negara asing yang datang ke negara ini. Itu akan saya laksanakan dengan baik. Saya mohon doa restu rekan-rekan semua," ucap Rafael.


Untuk diketahui, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono sebelumnya memimpin upacara serah-terima jabatan Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Jabatan Komandan Paspampres diserahterimakan dari Marsda TNI Wahyu Hidayat Sudjatmiko kepada Mayjen Rafael Granada Baay.


Serah-terima jabatan Komandan Paspampres itu didasari pada surat dalam dokumen Keputusan Panglima Tentara Nasional Indonesia Nomor Kep/114/I/2023. Acara serah-terima jabatan yang dipimpin langsung oleh Panglima TNI Laksamana Yudo Margono digelar di Halaman Mako Paspampres, Jakarta Pusat, Senin (27/2) siang.

(ab kh/ Tfq ). 


Post a Comment

0 Comments