Akses jalan menghawatirkan, sering terjadi laka. Harapan pengelola BK ; pengelola wisata bersatu perbaiki jalan menuju pantai selatan

 


Malang ,radarmerahputih com - Dalam rangka menyambut liburan awal puasa sekaligus hari raya idul Fitri beberapa bulan ke depan, wisata pantai Malang Selatan terus berbenah untuk memanjakan wisatawan domestik atau pengunjung lokal juga internasional.


Dari pantauan awak media, sebut saja pantai BK (bale kambang) yang terletak di pesisir pantai selatan tepatnya masuk wilayah Desa srigonco kecamatan Bantur kabupaten Malang terus bersolek.


Untuk diketahui, lokasi wisata ini berada dalam kawasan hutan ikut pangkuan perum perhutani Kph Malang BKPH sengguruh dan pengelolaan nya dibawah perusahaan daerah kabupaten Malang yakni (PD jasa yasa).


Lebih jauh, kalau melihat kondisi akses jalan menuju wisata pantai selatan berbanding terbalik dengan semangat pelaku wisata, yang mana selama ini merupakan akses jalan milik kabupaten Malang dan sedang dalam proses diambil alih propinsi Jawa timur .



Sungguh mengenaskan dan tidak nyaman dilalui kendaraan roda empat yang beberapa kali kejadian terperosok ke samping jalan berupa parit-parit dan sering mengakibatkan pengguna roda yang merupakan pengunjung wisata pantai selatan jatuh hingga mengalami luka.


Dengan seringnya kejadian tersebut, banyak pengunjung luar kota juga lokal mengeluh akan kondisi jalan menuju wisata yang memprihatinkan, akan tetapi hal itu tidak menjadikan pemerintah daerah sigap untuk segera membangun akses wisata yang menjadi kebanggaan warga kabupaten Malang ini.


Buktinya hingga saat ini masih sering terjadi kecelakaan tunggal pengunjung karena terpeleset banyak nya material jalan berupa batu kerikil akibat jalan mengelupas hingga jalan rusak parah seperti makadam, bahkan hampir 90% jalan tersebut berlubang besar menganga dengan kedalaman berfariasi ada yang 5 cm juga 10 cm dan lebar rata -rata diatas 2 meter.



Sedangkan dari pelaku wisata sendiri, travel agent saat ditemui awak media (4/3/2023) " sebetulnya wisata di malang raya itu banyak, tapi rata -rata mereka minta yang akses jalan nya bagus dan mudah dilewati, jadi saya dan teman travel Lebih sering membawa wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri ya ke lokasi yang tidak mengecewakan".


"disamping akses mudah juga dekat dengan hotel tempat menginap dan kalau untuk wisata malang selatan peminat nya berkurang selama ini karena akses sulit, banyak jalan rusak seperti masuk wilayah Bantur srigonco hingga lokasi". Ujarnya



Dari pengelola BK sendiri, Yasdi saat ditemui media(12/3/2023) menjelaskan singkat "rencana kami untuk pengembangan wisata, mohon para pengelola pantai agar jalan poros menuju wisata pantai selatan yang lobang nya besar dan dalam bisa di urug dengan tras atau tanah putih, sehingga kendaraan bisa lewat dengan lancar menuju wisata pantai selatan, karena selama ini yang dikeluhkan pengunjung adalah jalan menuju pantai selatan yang rusak berat ". harap kepala unit bale kambang (Tim)

Post a Comment

0 Comments