Hadiri Musrenbang Kabupaten, Ini Kata Ketua DPRD Magetan: Wujudkan SDM Berkualitas, Berkarakter dan Berdaya Saing.

 



Magetan, radarmerahputih.com -  Sujatno, Ketua DPRD Kabupaten Magetan hadiri Musrenbang Kabupaten di Pendopo Surya Graha, Kamis (9/3/2023). 


Sujatno menyampaikan  Musrenbang tingkat Kabupaten Tahun 2023 dilaksanakan dalam rangka penyusunan RKPD (Rencana Kerja Perangkat Daerah) Tahun 2024 sebagai tindak lanjut hasil Musrenbang dari Kecamatan-kecamatan di lingkup Kabupaten Magetan serta hasil Pra Musrenbang beberapa waktu lalu.


Musrenbang tingkat Kabupaten Tahun 2023 ini sebagai penyampaian usulan yang menjadi skala prioritas dari tingkat Kecamatan khususnya usulan kegiatan dalam bentuk infrastruktur dan pokok-pokok pikiran DPRD. Penyusunan RKPD sangat penting dan strategis, Pemerintah Daerah sesuai dengan kewenangannya melaksanakan RKPD yakni RPJP dan RPJM,” Kata Sujatno Ketua DPRD. 


Menurutnya dalam penyusunan RKPD, berpedoman pada rencana pembangunan daerah 2024-2026 yang mengarah pada isu strategis daerah.


Dijelaskan Sujatno yang juga ketua DPC PDI Perjuangan Magetan ini,  proses penyusunan anggaran 2024 ini merupakan bagian dari siklus tahunan sistem perencanaan dan penganggaran daerah untuk memenuhi amanah Undang-undang, salah satunya Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.


Peran DPRD Kabupaten Magetan dalam menjalankan tri fungsinya, dalam penyusunan RKPD mengarah pada program pembangunan 2024. Dalam menjalankan fungsi tersebut, DPRD bersinergi dengan Pemkab Magetan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat lebih baik dari tahun sebelumnya. Salah satunya isu SDM yang berkualitas, berkarakter dan berdaya saing


Pokok pikiran DPRD Kabupaten Magetan yaitu memperbaiki dan mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Magetan dari semua sektor yang melibatkan investasi daerah. Untuk proyek strategi Nasional sesuai Perpres, DPRD Kabupaten Magetan berharap menjadi perhatian dan terus diawasi dan diutamakan sesuai dengan harapan masyarakat.


Dijelaskan dengan Perpres, proyek strategi Nasional di Kabupaten Magetan yaitu proyek relokasi LIK, Pengembangan wisata Sarangan, dan exit tol yang harus diawasi dan menjadi perhatian kita semua. Terutama sesuai dengan harapan masyarakat.


DPRD Kabupaten Magetan juga mengapresiasi kepada pihak terkait dalam permasalahan Stunting dan kemiskinan di Kabupaten Magetan yang semakin menurun. Selain itu, dibidang pertanian harus menjadi perhatian semua pihak. Sebab, harga beras masih tinggi. Padahal di Magetan, sektor pertanian cukup baik dan bisa mencukupi kebutuhan masyarakat Magetan.(ik)

Post a Comment

0 Comments